Peningkatan prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran fiqih pokok bahasan qurban melalui penerapan metode team quiz di MI Islamiyah Tendas Tayu Pati tahun pelajaran 2010/2011

Suharni, Suharni (2011) Peningkatan prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran fiqih pokok bahasan qurban melalui penerapan metode team quiz di MI Islamiyah Tendas Tayu Pati tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093111414-cover.pdf - Accepted Version

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111414-BAB 1.pdf - Accepted Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111414-BAB 2.pdf - Accepted Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111414-BAB 3.pdf - Accepted Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111414-BAB 4.pdf - Accepted Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111414-BAB 5.pdf - Accepted Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111414-bibliografi.pdf - Bibliography

Download (9kB) | Preview

Abstract

Skipsi ini membahas tentang peningkatan prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran fiqih pokok bahasan qurban melalui penerapan team quiz. Penerapan metode ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1. Bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran fiqih di MI Islamiyah Tendas Tayu Pati Tahun Pelajaran 2010/2011? 2. Bagaimana penerapan metode team quiz siswa kelas V di MI Islamiyah Tendas Tayu Pati Tahun Pelajaran 2010/2011? 3. Apakah melalui metode Team Quiz dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran fiqih pokok bahasan Qurban melalui metode Team Quiz di MI Islamiyah Tendas Tayu Pati Tahun Pelajaran 2010/2011? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakana di MI Islamiyah Tendas Tayu Pati Tahun Pelajaran 2010/2011. Datanya diperoleh dengan cara wawancara bebas, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Kajian ini menunjukkan Bahwa pembelajaran Fiqih di MI Islamiyah Tendas Tayu Pati pada semester II telah menerapkan strategi pembelajaran Team Quiz yaitu pembelajaran yang menekankan pada penguasaan (hasil belajar) siswa secara penuh terhadap seluruh bahan yang dipelajari. Adapun tahapan-tahapan yang terdapat dalam strategi Team Quiz meliputi: pengajaran berdasarkan kompetensi yang akan dicapai, pembelajaran memperhatikan perbedaan individu, pelaksanaan evaluasi secara kontinu, pelaksanaan program remedial dan pengayaan, menggunakan prinsip siswa belajar aktif serta pengajaran berdasarkan pengalaman siswa. Bahwa pembelajaran fiqih yang melalui metode Team Quiz di MI Islamiyah Tendas Tayu Pati Tahun Pelajaran 2010/2011 dapat dikatakan meningkat karena setelah dilaksanakannya strategi pembelajaran Team Quiz dalam pembelajaran fiqih, siswa sangat aktif. Siswa mau dan mampu menjawab dan menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan guru Bahwa prestasi belajar siswa pada bidang studi Fiqih setelah diberlakukan strategi pembelajaran Team Quiz menunjukkan hasil yang cukup baik. Dalam semester II 86.7% dari seluruh siswa sudah dapat mencapai ketuntasan dalam belajar dan 4 dari seluruh siswa yang memerlukan program remedial. Rata-rata nilai yang dicapai siswa MI Islamiyah Tendas Tayu Pati mencapai 86, tergolong baik sekali.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar; Fiqih; Metode Pembelajaran; Team Quiz
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 07 Jul 2014 07:57
Last Modified: 07 Jul 2014 07:57
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2495

Actions (login required)

View Item View Item