Upaya peningkatan minat belajar pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam melalui strategi pembelajaran every one is a teacher here (studi tindakan pada siswa kelas VII MTs Unggulan Rowosari Kendal)

Ibadillah, Ibadillah (2011) Upaya peningkatan minat belajar pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam melalui strategi pembelajaran every one is a teacher here (studi tindakan pada siswa kelas VII MTs Unggulan Rowosari Kendal). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093111422-cover.pdf - Accepted Version

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111422-bab1.pdf - Accepted Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111422-bab2.pdf - Accepted Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111422-bab3.pdf - Accepted Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111422-bab4.pdf - Accepted Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111422-bab5.pdf - Accepted Version

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111422-bibliografi.pdf - Bibliography

Download (19kB) | Preview

Abstract

Untuk menjadikan sejarah lebih menarik siswa untuk belajar, perlu diawali dalam cara menyampiakannya. Pada saat ini sudah banyak strategi atau strategi belajar yang dapat menarik siswa untuk belajar, salah satunya adalah dengan menggunakan Strategi Every One Is a Teacher Here. Strategi Every One Is a Teacher Here merupakan salah satu strategi kreatif dalam mencatat sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Dengan munculnya rasa senang inilah diharapkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran sejarah dapat ditingkatkan.. Mengarah pada Permasalahan di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana upaya peningkatan minat belajar siswa kelas VII MTs Unggulan Rowosari Kendal pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam? Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang mengikuti model lewin yang telah ditafsirkan oleh kemmis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberikan angket pada siswa pada saat pre tes dan pada setiap akhir siklus I dan II. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tes penerapan strategi Everyone is a teacher here terbukti dapat meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajarn Sejarah Kebudayaan Islam. Hasil angket yang diberikan kepada 45 siswa menunjukkan bahwa pada saat pre tes siswa yang minat belajarnya tinggi hanya terdapat 7 orang, pada siklus I terdapat peningkatan menjadi 12 orang, dan pada siklus ke II juga terdapat peningkatan dengan penambahan volume menjadi 19 orang. Dari sini dapat kita simpulkan bahwa strategi Every one is a teacher here dapat meningkatkan minat siswa walau belum mencapai 100%. Hasil penelitian ini diharapkan para guru dapat menerapkan berbagai strategi pembelajaran aktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran; Minat Belajar; Sejarah Kebudayaan Islam; Everyone is a Teacher Here
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 08 Jul 2014 06:56
Last Modified: 08 Jul 2014 06:56
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2500

Actions (login required)

View Item View Item