Manajemen pembelajaran bagi anak autis pada jenjang SD di sekolah khusus autisme Bina Anggita kota Magelang

Habiburrohman, Muhammad (2011) Manajemen pembelajaran bagi anak autis pada jenjang SD di sekolah khusus autisme Bina Anggita kota Magelang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
633111031-cover.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
633111031-bab1.pdf - Accepted Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
633111031-bab2.pdf - Accepted Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
633111031-bab3.pdf - Accepted Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
633111031-bab4.pdf - Accepted Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
633111031-bab5.pdf - Accepted Version

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
633111031-bibliografi.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pelaksanaan manajemen pembelajaran bagi Anak Autis di Sekolah Khusus Autisme Bina Anggita Kota Magelang. 2) mengidentifikasi problematika yang dihadapi dan upaya penyelesaiannya dalam pembelajaran bagi Anak Autis di Sekolah Khusus Autisme Bina Anggita Kota Magelang. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang bermaksud untuk membuat gambaran mengenai situasi-situasi atau kejadian-kejadian. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Data yang telah terkumpul dikelompokan sesuai dengan fokus penelitian, kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini meliputi: 1) Pelaksanaan manajemen pembelajaran yang dilakukan oleh para guru di Sekolah Khusus Autisme Bina Anggita Kota Magelang adalah sebagai berikut : Pertama, Perencanaan pembelajaran yang terdiri dari penyusunan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Kedua, Pelaksanaan pembelajaran dimulai dengan pengelolaan kelas dan peserta didik dan pengelolaan guru. Ketiga, Evaluasi pembelajaran, evaluasi ini dilakukan untuk menilai hasil belajar peserta didik, yang meliputi evaluasi pengetahuan (kognitif), evaluasi keterampilan (psikomotorik) dan evaluasi nilai (afektif). 2) Problematika pelaksanaan manajemen pembelajaran di Sekolah Khusus Autisme Bina Anggita Kota Magelang terdapat berbagai problematika diantaranya: Pertama, Kesulitan dalam proses pembelajaran (transfer of knowledge) pada anak autis. Kedua, Sikap dan kecenderungan anak autis yang cuek dan tidak mampu membentuk jalinan emosi dengan orang lain. Ketiga, Guru kurang variatif dalam memberikan pembelajaran. Sedangkan upaya dalam mengatasi problematika tersebut, solusinya adalah : Pertama, Guru di Sekolah Khusus Autiseme Bina Anggita harus betul-betul menguasai materi yang akan diajarkan, tentunya materi yang akan disampaikan harus disesuaikan dengan kebutuhan yang dialami peserta didik, selain itu juga guru harus mempunyai cara agar anak mampu berinteraksi dengan guru dalam proses pembelajaran. Kedua, Guru di Sekolah Khusus Autisme Bina Anggita Kota Magelang harus bersikap layaknya seoarang ibu dan teman bagi anak autis karena dapat membantu mereka dalam proses pembelajaran. Ketiga, Guru Sekolah Khusus Autisme Bina Anggita harus membuat variasi model pembelajaran agar tidak monoton. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran; Anak Autis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 08 Jul 2014 06:58
Last Modified: 08 Jul 2014 06:58
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2502

Actions (login required)

View Item View Item