Upaya meningkatkan hasil belajar SKI materi Isra’ Mi’raj menggunakan metode student teams achievement division (STAD)

Muttaqin, M. Zainal (2011) Upaya meningkatkan hasil belajar SKI materi Isra’ Mi’raj menggunakan metode student teams achievement division (STAD). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
73111219_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111219_bab1.pdf - Accepted Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111219_bab2.pdf - Accepted Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111219_bab2.pdf - Accepted Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111219_bab3.pdf - Accepted Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111219_bab4.pdf - Accepted Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111219_bab5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111219_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (11kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas Upaya Meningkatkan Hasil Belajar SKI Materi Isra’ Mi’raj Menggunakan metode Student Teams Achievement Division (STAD) Studi Tindakan Kelas di Kelas IV Semester Genap MI Matholiul Ulum Wonosekar Gembong Pati Tahun 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana Penerapan metode Student Teams Achievement Division (STAD), Mata Pelajaran SKI materi Isra’ Mi’raj kelas IV semester 2, di MI Matholiul Ulum, Wonosekar Gembong Pati Tahun 2010 (2) Bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan metode Student Teams Achievement Division (STAD) (3) Apakah ada peningkatan hasil belajar setelah dilaksanakan pembelajaran dengan metode Student Teams Achievement Division (STAD), Mata Pelajaran SKI materi Isra’ Mi’raj kelas IV semester 2, di MI Matholiul Ulum, Wonosekar Gembong Pati Tahun 2010 ? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (clasroom action research) pada peserta didik kelas IV semester 2, di MI Matholiul Ulum, Wonosekar Gembong Pati. Subyek yang akan diteliti adalah peserta didik pada kelas IV yang berjumlah 12 peserta didik dari populasi 76 peserta didik, yang terdiri dari kelas I 13 peserta didik, kelas II 14 peserta didik, kelas III 13 peserta didik, kelas IV 12 peserta didik, kelas V 12 peserta didik, kelas VI 12 peserta didik. Penelitian ini bermula dari teridentifikasinya masalah pembelajaran yang diperoleh dari hasil observasi secara langsung di kelas IV melalui prasiklus dapat diketahui metode yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran SKI yang belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah artinya peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa pada saat pembelajaran berlangsung mempunyai prosentase 37,50 % dan hasil belajar rata-rata 60,70 belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini kemudian menetapkan indikator keberhasilan yaitu rata-rata hasil belajar adalah 60,80, ketuntasan klasikal 80 % dan keaktifan siswa 75%., Hasil penelitian disiklus I diperoleh nilai rata-rata tes akhir peserta didik 80,66, ketuntasan klasikal 100% dan keaktifan belajar peserta didik meningkat menjadi yaitu 83,30%. Dari hasil ini semua indikator penelitian telah terpenuhi dan tidak lagi dilanjutkan siklus berikut. Dari hasil penelitian ini jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkan metode Student Teams Achievement Division (STAD). Peningkatan bukan hanya pada hasil belajar namun juga keaktifan belajar dan ketuntasan klasikal. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada semua pihak (peserta didik, guru, orang tua) terutama guru untuk menggunakan pendekatan, model dan metode pembelajaran yang bervariasi dan disesuaikan dengan materi serta kondisi saat pembelajaran baik lingkungan pembelajaran ataupun peserta didik agar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan proses pembelajaran pun maksimal.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Student Teams Achievement Division (STAD); Hasil Belajar; Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history > 297.63 Muhammad the Prophet
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 17 Jul 2014 01:09
Last Modified: 17 Jul 2014 01:09
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2504

Actions (login required)

View Item View Item