Pengaruh prestasi belajar fiqih terhadap ketrampilan ibadah shalat siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Futuhiyyah Palebon Pedurungan Semarang Tahun 2011

Al Amin, Mohamad (2011) Pengaruh prestasi belajar fiqih terhadap ketrampilan ibadah shalat siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Futuhiyyah Palebon Pedurungan Semarang Tahun 2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
73111225_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111225_bab1.pdf - Accepted Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111225_bab2.pdf - Accepted Version

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111225_bab3.pdf - Accepted Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111225_bab4.pdf - Accepted Version

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111225_bab5.pdf - Accepted Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111225_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, pertama, prestasi belajar fiqih siswa kelas V MI Futuhiyyah Palebon Pedurungan Semarang, kedua,ketrampilan ibadah shalat siswa kelas V MI Futuhiyyah Palebon Pedurungan Semarang, ketiga, pengaruh prestasi belajar fiqih terhadap ketrampilan ibadah shalat siswa MI Futuhiyyah Palebon Pedurungan Semarang. Penelitian ini menggunakan Metode Random Sampling, dengan Tekhnik Analisis Kuantitatif. Subyek penelitian sebanyak 30 responden. Dari data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis. Hasil penelitianmenunjukkanbahwa : 1. Prestasi belajar Fiqih siswa di MI Futuhiyyah Palebon Pedurungan Semarang dapat dikategorikan cukup. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata prestasi belajar fiqih yang didapati yaitu 76,83 (dibulatkan 77) dilihat pada kategori interval nilainya antara 69 - 77 yang kategorinya dikatakan cukup. 2. Ketrampilan ibadah salat siswa MI Futuhiyyah Palebon Pedurungan Semarang termasuk kategori baik, hal ini dapat dibuktikan dengan skor rata-rata ketrampilan ibadah shalat siswa yang didapati yaitu 34,6 (dibulatkan 35) dilihat pada kategori interval nilainya antara 34 – 36 yang kategorinya dikatakan sering. 3. Ada pengaruh yang signifikan antara prestasi belajar Fiqih dengan ketrampilanibadah shalat siswa di MI. Futuhiyyah Palebon Semarang dengan taraf signifikansi F 0,05 (1 : 28 ) Fhitung = 36,812 > Ftabel = 4,20 untuk taraf signifikansi 5% sedangkan untuk taraf signifikansi 1% adalah 7,64. Dengan demikian Ha diterima yang artinya makin tinggi prestasi belajar fiqih siswa semakin tinggi pula ketrampilan ibadah shalat siswa di MI Futuhiyyah Palebon Pedurungan Semarang. Maka dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan berdasarkan perhitungan ini, maka hipotesis nihil (Ho) yang berbunyi “Prestasi belajar Fiqih tidak mempunyai hubungan dengan ketrampilan ibadah shalat siswa” ditolak, dan hasil hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi “Prestasi belajar Fiqih mempunyai hubungan dengan ketrampilan ibadah shalat siswa” diterima. Artinya semakin baik nilai Fiqih, maka semakin baik pula ketrampilan ibadah shalat siswa dan sebaliknya. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para orang tua, maupun guru, terutama dalam memberikan dorongan dan semangat kepada para siswa agar senantiasa meningkatkan belajarnya. Serta bagi akademika dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar; Fiqih; Shalat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 17 Jul 2014 01:16
Last Modified: 17 Jul 2014 01:16
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2509

Actions (login required)

View Item View Item