Peranan orangtua dalam pembinaan akhlak pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Wonogiri tahun pelajaran 2010 / 2011

Sutrisno, Sutrisno (2011) Peranan orangtua dalam pembinaan akhlak pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Wonogiri tahun pelajaran 2010 / 2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
73111241_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111241_bab1.pdf - Accepted Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111241_bab2.pdf - Accepted Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111241_bab3.pdf - Accepted Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111241_bab4.pdf - Accepted Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111241_bab5.pdf - Accepted Version

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111241_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini penulis lakukan bertujuan untuk memberikan gambaran tentang peranan orangtua dalam pembinaan akhlak siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Wonogiri serta untuk mengetahui faktor apa sajakah yang berpengaruh terhadap pembinaan akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Wonogiri. Untuk suatu penelitian, dalam mengumpulkan data dibutuhkan metode yang tepat dalam hal ini penulis menggunakan metode: 1. Metode interview yaitu sebuah dialog yang digunakan untuk memperoleh informasi dari terwawancara. 2. Metode angket dan Kuesioner (questioner) adalah sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dari responden dalam arti laporan tentang pribadinya, atau hal-hal yang dia ketahui. 3. Metode observasi yaitu pengamatan dan pencatatan dengan sistematis fenomena-fenomena yang diselidiki. 4. Metode dokumentasi, yaitu cara mencari data mengenai hal-hal atau variabel berupa catatan, transkip, surat kabar, majalah, buku, prasasti, notulen rapat, leger, agenda dan sebagainya. Peranan orangtua dalam pembinaan akhlak disajikan melalui metode angket, sedangkan peranan guru dalam pembinaan akhlak siswa penulis gambarkan melalui observasi dan dokumentasi kegiatan pembelajaran sehari-hari. Hasil yang penulis dapatkan dari penelitian ini, bahwa peranan orangtua dan guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Wonogiri sangat besar dalam pembinaan akhlak siswa. Dalam hal ini yang menjadi sampel penelitian adalah kelas VII. walaupun dalam penelitian ini penulis menemukan beberapa faktor yang mempengaruhi dalam keberhasilan pembinaan akhlak siswa Madrasah Tsanawiyah negeri 2 Wonogiri baik yang bersifat mendukung seperti: Semangat orangtua untuk membekali anak dengan nilai-nilai agama maupun yang menghambat seperti: lingkungan masyarakat dan sekitar madrasah. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Akhlak; Peran Orangtua
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 17 Jul 2014 01:21
Last Modified: 17 Jul 2014 01:21
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2513

Actions (login required)

View Item View Item