Pengaruh persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik guru PAI terhadap prestasi belajar siswa di MA Gani Tirtoasri Cangkring Tirtomoyo Wonogiri tahun 2010/2011

Hidayat, Pulung Rahmad (2011) Pengaruh persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik guru PAI terhadap prestasi belajar siswa di MA Gani Tirtoasri Cangkring Tirtomoyo Wonogiri tahun 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
73111242_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111242_bab1.pdf - Accepted Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111242_bab2.pdf - Accepted Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111242_bab3.pdf - Accepted Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111242_bab4.pdf - Accepted Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111242_bab5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111242_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (32kB) | Preview

Abstract

Persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik guru PAI adalah pandangan atau penilaian peserta didik terhadap kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. Persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik mengharuskan guru memiliki jiwa pendidik yang mendarah daging. Artinya, nilai-nilai pendidikan tidak sekedar dihafal secara teoritis, tetapi telah menjadi bagian dari perilaku dirinya. Persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik guru, sub-komponennya adalah dalam pengelolaan pembelajarannya berupa penyusunan rencana pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian prestasi anak didik dan tindak lanjut hasilnya. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman wawasan/landasan terhadap kependidikan, peserta didik, kurikulum, perancangan pembelajaran yang dialogis dan mendidik, pelaksanaan pembelajaran, sampai kepada pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan potensi yang dimilikinya. Kompetensi pedagogik guru tersebut harus dimiliki setiap guru agar tercapai keberhasilan dalam belajar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu penelitian kuantitatif ini dengan orientasi teoritis mengukur besar pengaruh pada masalah yang dipenelitian yang dilakukan objek tertentu secara jelas dan sistematis dengan menggunakan data statistik. Penelitian ini dilakukan di MA Gani Tirtoasri pada bulan Februari 2011. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X, XI, XII dengan siswa yang berjumlah 53 siswa. Untuk memperoleh data tentang persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik guru digunakan teknik angket yang diukur dengan skala Likert. Sedangkan data prestasi belajar siswa diperoleh dari dokumen sekolah yang berupa nilai ulangan tengah semester. Prestasi belajar adalah hasil belajar yang dicapai setelah melalui proses kegiatan belajar mengajar. Prestasi belajar siswa dapat ditunjukkan dalam bentuk nilai yang diberikan guru berupa raport yang merupakan hasil dari beberapa bidang studi yang telah dipelajari oleh peserta didik. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian, menggunakan penelitian field research, yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung ke MA Gani Tirtoasri Cangkring Tirtomoyo Wonogiri. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan yaitu melalui angket yang diberikan kepada peserta didik kelas X, XI dan XII yang dipilih secara acak, kemudian dengan observasi, wawancara dan dengan studi dokumentasi. Setelah data-data tersebut diperoleh, penulis menganalisis data dan melakukan uji hipotesis dengan menggunakan rumus product momen dan menggunakan rumus Koefisien Determinasi untuk mengetahui kontribusi kedua Variabel X dan Y. Selanjutnya penulis menyimpulkan hasil penelitian dalam bentuk analisis interpretasi data. Setelah penelitian ini dilakukan, penulis memperoleh hasil penelitian bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara Pesrsepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam bidang studi Mata pelajaran rumpun PAI dengan prestasi belajar siswa di MA Gani Tirtoasri Cangkring Tirtomoyo Wonogiri. Kontribusi kompetensi pedagogik guru PAI terhadap prestasi belajar siswa adalah 16%. Dengan kata lain, prestasi belajar siswa di MA Gani Tirtoasri Cangkring Tirtomoyo ditentukan atau dipengaruhi oleh tingkat kompetensi pedagogik guru PAI sebanyak 16%, adapun selain 16% ditentukan oleh faktor yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru; Pendidikan Agama Islam (PAI); Prestasi Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 17 Jul 2014 01:23
Last Modified: 17 Jul 2014 01:23
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2514

Actions (login required)

View Item View Item