Upaya meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada kompetensi dasar agama Islam dengan strategi PAIKEM metode index card match (studi tindakan pada kelompok B semester ganjil di RA Al-Mabrur Menco kec. Wedung kab. Demak tahun 2010/2011)

Rofiah, Hanik (2011) Upaya meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada kompetensi dasar agama Islam dengan strategi PAIKEM metode index card match (studi tindakan pada kelompok B semester ganjil di RA Al-Mabrur Menco kec. Wedung kab. Demak tahun 2010/2011). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
073111248_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
073111248_bab1.pdf - Accepted Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073111248_bab2.pdf - Accepted Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073111248_bab3.pdf - Accepted Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073111248_bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
073111248_bab5.pdf - Accepted Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073111248_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (16kB) | Preview

Abstract

Tujuan yang menjadi kajian dasar peneliti, yaitu: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Kompetensi Agama Islam melalui strategi PAIKEM metode index card match pada siswa kelompok B di RA Al-Mabrur Menco Kec. Wedung Kab Demak. 2) Untuk mengetahui peningkatan keaktifan peserta didik pada Pembelajaran Kompetensi Dasar Agama Islam pada kelompok B di RA Al-Mabrur Menco Kec. Wedung Kab. Demak melalui strategi PAIKEM metode index card match. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi dikelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan persiklus. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Pelaksanaan Pembelajaran Kompetensi Dasar Agama Islam melalui strategi PAIKEM metode index card match pada siswa kelompok B di RA Al-Mabrur Menco Kec. Wedung Kab Demak dimulai dengan membaca do’a bersama, kemudian guru menerangkan materi yang ada pada Kompetensi Dasar Agama Islam seperti huruf hijaiyah, selanjutnya guru menyiapkan kartu pasangan sebanyak 24 kartu, 12 kartu berupa huruf hijaiyah dan 12 kartu bacaan dengan huruf latin, kemudian guru mempersilahkan siswa untuk memilih kartu dan mencari pasangan kartunya, langkah selanjutnya guru mempersilahkan siswa untuk membaca dengan keras kartu yang dia pilih dan pasangannya, langkah selanjutnya guru mengklarifikasi kartu pasangan siswa dan mengakhiri dengan do’a bersama. 2) Penigkatan keaktifan peserta didik pada Pembelajaran Kompetensi Dasar Agama Islam pada kelompok B di RA Al-Mabrur Menco Kec. Wedung Kab. Demak melalui strategi PAIKEM metode index card match dapat dilihat dari hasil dari tiap siklus dari sudut kemampuan membaca mengalami peningkatan dimana pada pra siklus tingkat ketuntasannya 3,2 % naik menjadi 6,25% pada siklus I, naik lagi pada siklus II menjadi 31,25 %, pad akhir siklus II menjadi 93,7%. Sedangkan keaktifan belajar siswa juga mengalami kenaikan dimana pada siklus I 37,5% naik menjadi 78,7% pada siklus II, pada akhir siklus III menjadi 93,7% Pada akhir siklus II, ini menunjukkan ketuntasan belajar sudah mencapai diatas 70 % begitu juga pada keaktifan baik terutama pada kategori baik dan baik sekali sudah mencapai diatas 70 %, ini menunjukkan proses pelaksanaan strategi PAIKEM metode index card match pada siswa kelompok B di RA Al-Mabrur Menco Kec. Wedung Kab. Demak pada kompetensi dasar agama Islam dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dan hasil belajar siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Dasar Agama Islam; Strategi Pembelajaran; Index Card Match
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 17 Jul 2014 01:28
Last Modified: 17 Jul 2014 01:28
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2518

Actions (login required)

View Item View Item