Upaya meningkatkan kemampuan hafalan doa sehari-hari melalui metode reading aloud di kelas B RA Gebang Anom kecamatan Semarang Timur kota Semarang tahun pelajaran 2010/2011

Sulistyoningsih, Sulistyoningsih (2011) Upaya meningkatkan kemampuan hafalan doa sehari-hari melalui metode reading aloud di kelas B RA Gebang Anom kecamatan Semarang Timur kota Semarang tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
73111249_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111249_bab1.pdf - Accepted Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111249_bab2.pdf - Accepted Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111249_bab3.pdf - Accepted Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111249_bab4.pdf - Accepted Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111249_bab5.pdf - Accepted Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111249_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan hafalan doa sehari-hari melalui metode reading aloud di kelas B RA Gebang Anom Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011 Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas B RA Gebang Anom Semarang yang berjumlah 19 orang. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode tes untuk mengetahui kemampuan menghafal doa sehari-hari peserta didik, metode observasi untuk mengamati proses pembelajaran melalui metode reading aloud, dan metode dokumentasi untuk mengetahui nama peserta didik, jumlah peserta didik dan rencana kegiatan harian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menghafal doa sehari-hari peserta didik kelas B RA Gebang Anom Semarang mengalami peningkatan yang cukup signifikan setelah diberikan tindakan berupa penerapan metode reading aloud sebagai upaya meningkatkan kemampuan hafalan doa sehari-hari. Peningkatan kemampuan menghafal doa sehari-hari tersebut dapat dilihat dari perbandingan nilai rata-rata kemampuan menghafal doa sehari-hari peserta didik secara klasikal sebelum dilakukan tindakan dan setelah pelaksanaan tindakan. Pada pra siklus nilai rata-rata kemampuan menghafal doa sehari-hari peserta didik adalah 49 dengan kriteria kurang. Sedangkan pada siklus I nilai rata-rata kemampuan menghafal doa sehari-hari peserta didik meningkat menjadi 67 dengan kriteria cukup. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata kemampuan menghafal doa sehari-hari peserta didik meningkat lagi menjadi 76 dengan kriteria baik. Disamping itu keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dengan metode reading aloud ini juga meningkat setelah diberikan tindakan. Peningkatan ini dapat diidentifikasi dari aktifitas peserta didik yang diamati seperti keseriusan peserta didik dalam menghafal doa sehari-hari, peserta didik mengerjakan perintah guru dengan baik, peserta didik menjawab pertanyaan dari guru, dan peserta didik memperhatikan penjelasan guru. Beberapa aspek tersebut mengalami peningkatan tiap siklus. Hal ini membuktikan bahwa penerapan metode reading aloud terbukti dapat meningkatkan kemampuan menghafal doa sehari-hari peserta didik. Dari hasil penelitian tersebut, guru maupun praktisi pendidikan dapat menerapkan metode reading aloud sebagai upaya meningkatkan kemampuan menghafal doa sehari-hari peserta didik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Doa Sehari-hari; Metode Pembelajaran; Reading Aloud
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 17 Jul 2014 03:12
Last Modified: 17 Jul 2014 03:12
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2519

Actions (login required)

View Item View Item