Upaya meningkatkan hasil belajar nilai-nilai agama Islam pada materi shalat dengan pemanfaatan alat peraga edukatif di Raudhatul Athfal (RA) Yayasan Umat Islam (YAUMI) tahun pelajaran 2010/2011

Fadhilah, Umi (2011) Upaya meningkatkan hasil belajar nilai-nilai agama Islam pada materi shalat dengan pemanfaatan alat peraga edukatif di Raudhatul Athfal (RA) Yayasan Umat Islam (YAUMI) tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
73111268_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (871kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111268_bab1.pdf - Accepted Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111268_bab2.pdf - Accepted Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111268_bab3.pdf - Accepted Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111268_bab4.pdf - Accepted Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111268_bab5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111268_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui aktifitas belajar peserta didik, (2) mengetahui hasil belajar materi shalat pada peserta didik kelompok B RA Yayasan Umat Islam (YAUMI) Ringinharjo Kec. Gubug Kab. Grobogan dengan pemanfaatan alat peraga edukatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian peserta didik kelompok B RA Yayasan Umat Islam (YAUMI) dengan jumlah peserta didik sebanyak 23 anak, ketuntasan minimal 60%. Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus. Pelaksanaan siklus I sudah direncanakan sebelumnya. Pelaksanaan siklus II merupakan hasil refleksi dari siklus I. Pengumpulan data penelitian dengan menggunakan metode observasi secara langsung pada saat pembelajaran dan pengambilan nilai pada tiap akhir siklus. Pengolahan data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari pengolahan data digunakan untuk menggambarkan ketercapaian tindakan terhadap peningkatan pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian, hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa ketuntasan belajar mencapai 60,3% dan rata-rata kemampuan siswa 62,3% sehingga hasil belajar masuk kategori cukup pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 73,9 % dan rata-rata kemampuan siswa 73,9% sehingga hasil belajar masuk kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Shalat; Media Pembelajaran; Alat Peraga
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 18 Jul 2014 07:26
Last Modified: 18 Jul 2014 07:26
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2524

Actions (login required)

View Item View Item