Upaya meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah dengan metode drill siswa RA An-Nahl Kalikabong Kalimanah Purbalingga tahun pelajaran 2010/2011

Susilowati, Septi (2011) Upaya meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah dengan metode drill siswa RA An-Nahl Kalikabong Kalimanah Purbalingga tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
73111479_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (672kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111479_bab1.pdf - Accepted Version

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111479_bab2.pdf - Accepted Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111479_bab3.pdf - Accepted Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111479_bab4.pdf - Accepted Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111479_bab5.pdf - Accepted Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111479_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji penggunaan metode drill dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah siswa RA An-nahl Kalikabong Kalimanah Purbalingga tahun pelajaran 2010/ 2011. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Implementasi tindakan yang dilakukan adalah menerapkan pembelajaran dengan latihan yang diulang-ulang di waktu yang singkat yang meliputi langkah-langkah pembelajaran : (1) menyiapkan buku qiroati, (2) mendengarkan bacaan huruf hijaiyah, (3) membaca huruf hijaiyah bersama-sama, (4) mengulang-ulang bacaan huruf hijaiyah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui : (1) tes membaca, (2) wawancara, (3) observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif, dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah penerapan metode drill dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah siswa RA An-Nahl Kalikabong Kalimanah Purbalingga Tahun Pelajaran 2010/2011. Hal tersebut terlihat dari prosentase kemampuan membaca huruf hijaiyah siswa. Sebelum diberi tindakan (pra-tindakan) siswa yang belum mampu membaca 71,43% ; siswa yang kurang lancar membaca 21,43%; siswa yang cukup lancar membaca 7,14%; tetapi setelah diberi tindakan I siswa yang lancar membaca naik menjadi 21,43%; setelah tindakan II siswa yang lancar membaca 57,14%; pada akhir tindakan III siswa yang lancar membaca dengan fasih mencapai 85,71%. Hasil yang dicapai dalam pembelajaran membaca huruf hijaiyah dengan metode drill mengalami peningkatan sesuai tujuan yang diharapkan. Berdasarkan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi akademik, para mahasiswa, dan para pengajar mata kuliah jurusan dan program studi di fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Baca Tulis Arab; Metode Pembelajaran; Drill
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 18 Jul 2014 07:39
Last Modified: 18 Jul 2014 07:39
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2529

Actions (login required)

View Item View Item