Studi korelasi antara tingkat hafalan nazam Alfiyyah dan kemampuan memahami kitab fiqh santri tingkat tsanawiyah di pesantren Al-Itqon Gugen Kota Semarang

Aufa, Muhammad (2011) Studi korelasi antara tingkat hafalan nazam Alfiyyah dan kemampuan memahami kitab fiqh santri tingkat tsanawiyah di pesantren Al-Itqon Gugen Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 73111320_coverdll.pdf]
Preview
Text
73111320_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (492kB) | Preview
[thumbnail of 73111320_bab1.pdf]
Preview
Text
73111320_bab1.pdf - Accepted Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 73111320_bab2.pdf]
Preview
Text
73111320_bab2.pdf - Accepted Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 73111320_bab3.pdf]
Preview
Text
73111320_bab3.pdf - Accepted Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 73111320_bab4.pdf]
Preview
Text
73111320_bab4.pdf - Accepted Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 73111320_bab5.pdf]
Preview
Text
73111320_bab5.pdf - Accepted Version

Download (18kB) | Preview
[thumbnail of 73111320_bibliografi.pdf]
Preview
Text
73111320_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (19kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) bagaimana tingkat hafalan nazam Alfiyyah (X) santri tingkat tsanawiyah di Pesantren Al-Itqon Gugen Kota Semarang; 2) bagaimana kemampuan memahami kitab fiqh (Y) santri tingkat tsanawiyah di Pesantren Al-Itqon Gugen Kota Semarang; 3) apakah terdapat korelasi antara tingkat hafalan nazam Alfiyyah (X) dan kemampuan memahami kitab fiqh (Y) santri tingkat tsanawiyah di Pesantren Al-Itqon Gugen Kota Semarang.
Prosedur atau tahapan-tahapan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik korelasional. Subjek penelitian sebanyak 44 responden, dan merupakan penelitian populasi. Dalam pengumpulan data menggunakan metode tes, kemudian untuk menjaring data X digunakan instrumen tes kecakapan (performance test) dengan lisan (oral), dan untuk menjaring data Y digunakan tes tertulis (written test). Instrumen tes tertulis terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi product-moment. Hasil penelitian dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) tingkat hafalan nazam Alfiyyah santri tingkat tsanawiyah di Pesantren Al-Itqon Gugen Kota Semarang termasuk dalam kategori “baik”. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata (mean) yang diperoleh, yaitu sebesar 73,7 yang berada pada kelas interval 71,0 – 80,6; (2) kemampuan memahami kitab fiqh santri tingkat tsanawiyah di Pesantren Al-Itqon Gugen Kota Semarang tergolong dalam kategori “lebih dari cukup”. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata (mean) yang didapat, yakni sebesar 66,0 yang berada pada kelas interval 60,1 – 71,0; (3) terdapat korelasi yang signifikan antara tingkat hafalan nazam Alfiyyah dan kemampuan memahami kitab fiqh santri tingkat tsanawiyah di Pesantren Al-Itqon Gugen Kota Semarang, karena pada kenyataannya nilai rhitung (koefisien korelasi) yang diperoleh, yaitu 0,70038, lebih besar dari rtabel, baik pada taraf signifikansi (α) 5% (rhitung > rtabel = 0,700 > 0,304) maupun (α) 1% ( rhitung > rtabel = 0,700 > 0,393), kemudian tidak negatifnya koefisien korelasi yang diperoleh menunjukkan adanya korelasi sejajar yang searah (positif) antara variabel X dan variabel Y. Jadi, apabila tingkat hafalan nazam Alfiyyah santri itu naik, maka kemampuannya memahami kitab fiqh cenderung naik. Koefisien determinasi (KD = rxy2 x 100) sebesar 49,05; ini berarti bahwa 49,05% kemampuan memahami kitab fiqh (variabel Y) turut ditentukan oleh tingkat hafalan nazam Alfiyyah (variabel X).
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, tenaga pengajar, tenaga pendidik, khususnya di lingkungan pesantren, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang, terutama dalam mengoptimalkan hafalan sebagai sebuah metode pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kitab Fiqh; Hafalan Nazam Alfiyyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 18 Jul 2014 07:44
Last Modified: 18 Jul 2014 07:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2531

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics