Tanfīż ta`līm al-naḥw al-`Arabī bi wasīlah biṭāqah siḥriyyah (magic card) fī al-ṣaff al-ṡāmin fī al-madrasah "Ma`had Sabilil Muttaqin" al-ṡānawiyyah al-Islāmiyyah Randublatung Blora

Elisia, Dwi Novita (2013) Tanfīż ta`līm al-naḥw al-`Arabī bi wasīlah biṭāqah siḥriyyah (magic card) fī al-ṣaff al-ṡāmin fī al-madrasah "Ma`had Sabilil Muttaqin" al-ṡānawiyyah al-Islāmiyyah Randublatung Blora. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093211021_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
093211021_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (927kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093211021_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
093211021_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093211021_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
093211021_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093211021_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (389kB) | Preview

Abstract

Pada pembahasan kali ini penulis mengambil judul Implementasi pembelajaran nahwu dengan menggunakan media “magic card” pada kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah PSM (Pondok Sabilil muttaqin) Blora. Dalam pembahasan judul tersebut penulis merumuskan beberapa masalah, diantara yaitu: (1) Bagaimana penerapan penggunaan media Magic Card dalam pembelajaran bahasa arab materi nahwu pada kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah PSM ( Pondok Sabilil Muttaqin) Blora. (2) Apa saja kelebihan dan kekurangan penggunaan media Magic Card dalam pembelajaran bahasa arab materi nahwu pada kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah PSM ( Pondok Sabilil Muttaqin) Blora. Adapun pembahasan yang pertama yaitu implementasi media magic card, implementasi magic card di MTs PSM memiliki pengaruh dalam menumbuhkan rasa keingintahuan para siswa di MTs PSM, dari rasa keingintahuan tersebut muncul semangat dari para siswa untuk kembali mempelajari bahasa arab materi-materi nahwu yang di anggap sulit bagi para siswa. Media pembelajaran magic card yang digunakan berisi penjelasan tanda-tanda I’rab pada f’il, dalam media dijelaskan bahwa fi’il mudhari dibaca rafa’ ketika di dahului amil nashob dan jazm, sedangkan fi’il mudhori’ dibaca nashob ketika didahului amil nashob yaitu : أن، لن، إدن، كى، حتى، لام الجحود، لام التعليل، selain penjelasan tanda-tandi i’rab fi’il yang ada dalam penjelasan di media magic card, pembahasan dalam media juga di bagi menjadi beberapa sub pokok pembahasan, yaitu bab افعال الخمسة، فعل مضارع صحيح الأخر، فعل مضارع معتل الاخر. Setelah melakukan latihan dan evaluasi ternyata penggunaan media tersebut juga belum terlalu maksimal untuk meningkatkan prestasi hasil belajar siswa, dari hasil belajar siswa, rata-rata awal 75,5 hanya menjadi 80, memang peningkatan nilai rata-rata ini relatif rendah, namun penggunaan media magic card mampu menumbuhkan minat siswa di MTs PSM untuk terus belajar bahasa arab materi-materi nahwu. Sedangkan pembahasan dari rumusan masalah kedua yaitu kelebihan dan kekurangan dari media Magic Card, dalam hal ini setiap media meiliki kelebihan dan kekurangan, adapun kelebihan dan kekurangan dari penggunaan media magic card dalam penggunaannya pada materi nahwu kelas VIII yaitu 1. Kelebihan penggunaan media Magic Card a. Pengajaran lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar b. Metode pembelajaran akan lebih bervariasi c. Siswa lebih mudah paham d. Siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga e. Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar, seperti mengamati, melakukan dan mendemonstrasikan. 2. Kekurangan penggunaan Media Magic Card a. Tulisan di media terlalu kecil b. Harus memahami penggunaan media magic card secara benar c. Siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru dari awal akan susah memahami materi yang ada dalam media magic card d. Guru harus menjelaskan materi dengan rinci karena penjelasan di media terlalu singkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Tata Bahasa Arab; Nahwu
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 28 Oct 2014 04:00
Last Modified: 28 Oct 2014 04:00
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2612

Actions (login required)

View Item View Item