Al-Dirāsah al-taḥlīliyyah `an al-māddah fī kitāb "Ta`līm al-Lugah al-`Arabiyyah" li Muḥammad Ṭarīq `Azīz wa Nūr Khalidiyyah li ṣaff al-sābi` fī al-madrasah al-mutawassiṭah Muḥammadiyyah 1 Semarang

Wahyuningsih, Efi (2014) Al-Dirāsah al-taḥlīliyyah `an al-māddah fī kitāb "Ta`līm al-Lugah al-`Arabiyyah" li Muḥammad Ṭarīq `Azīz wa Nūr Khalidiyyah li ṣaff al-sābi` fī al-madrasah al-mutawassiṭah Muḥammadiyyah 1 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103211009_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103211009_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103211009_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103211009_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103211009_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103211009_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103211009_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (436kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai buku “Ta’limul Lughoh Al-Arobiyah” Karangan Muhammad Thoriq Aziz Dan Nur Khoilidiyya bagi kelas 7 SMP/ MTs, khususnya SMP Muhammadiyah 1 Semarang ditinjau dari segi materi. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui konsep gradasi materi yang telah disusun dalam buku tersebut sebagai bahan ajar yang baik bagi siswa SMP/ MTs khususnya bagi tingkat pemula dengan mengambil rumusan masalah bagaimana konsep gradasi materi yang disajikan dalam buku “Ta’limul Lughoh Al-Arobiyah” terbitan Majelis Pendidikan Dasar Dan Menengah Pimpinan Wilayah Jogjakarta bagi siswa kelas 7 SMP Muhammadiyah 1 Semarang ditinjau dari segi materi? Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (library research). Adapun dalam pengumpulan datanya, penulis menggunakan metode kepustakaan dan dokumentasi, kemudian untuk menganalisisnya peneliti menggunakan metode analisis isi (content analysis). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa gradasi materi yang disajikan dalam buku tersebut telah memenuhi kriteria yang baik sebagai bahan ajar bagi siswa pemula seperti kelas 7 SMP Muhammadiyah 1 Semarang, yang mayoritas siswanya merupakan pelajar pemula dalam mempelajari bahasa arab. Adapun kriteria- kriteria tersebut adalah (1) penyusunan materi pembelajaran dalam buku tersebut menggunakan gradasi lurus yang sesuai dengan tingkat pemula, (2) penyusunan gradasi materi berdasarkan tujuan khusus literal membaca dan menulis telah memperhatikan faktor masukan yaitu dari sederhana ke kompleks, (3) penyusunan gradasi materi bahasa sasaran berdasarkan deskripsi telah mempertimbangkan tingkat kemampuan dan perkembangan sosio- emosional siswa, (4) Penyusunan gradasi materi mufrodat telah dimulai dari lingkungan yang terdekat sampai mengglobal dan (5) Penyusunan gradasi materi qawaid dimulai dari yang sederhana ke yang kompleks.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Buku Teks; Bahasa Arab
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 31 Oct 2014 02:20
Last Modified: 31 Oct 2014 02:20
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2636

Actions (login required)

View Item View Item