Analisis pengaruh marketing syari’ah terhadap minat anggota menggunakan produk murabahah di BMT Hudatama cabang Mangkang

Novitasari, Erna (2014) Analisis pengaruh marketing syari’ah terhadap minat anggota menggunakan produk murabahah di BMT Hudatama cabang Mangkang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
082411025_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411025_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411025_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411025_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411025_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411025_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411025_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (18kB) | Preview

Abstract

Kebutuhan akan pembiayaan untuk membeli sesuatu yang tidak dapat terpenuhi karena masalah biaya yang mahal, disini BMT memberi solusi kepada anggota untuk mendapatkan biaya yang diinginkan dengan menggunakan produk murabahah. Penelitian ini menjelaskan masalah apakah ada pengaruh marketing syariah terhadap minat anggota menggunakan produk murabahah. Penelitian ini bertujuan menguji secara parsial dan simultan bagaimana marketing syariah berpengaruh terhadap minat anggota untuk menggunakan pembiayaan murabahah di BMT Hudatama cabang Mangkang. Dalam penelitian ini termasuk jenis penelitian Kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengambilan sampel adalah sampel acak (simple random sampling).Populasinya adalah anggota yang menggunakan produk murabahah di BMT Hudatama cabang Mangkang. Kuesioner didistribusikan kepada anggota yang menggunakan produk pembiayaan murabahah sebanyak 40 responden. Kemudian metode yang di gunakan untuk mengumpulkan data menggunakan wawancara, kuesioner dan dokumentasi, teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalis, validitas dan reliabilitas instrumen, analisis regresi linear sederhana, dan uji hipotesis. Hasil olahan statistik yang dibantu dengan program SPSS 16.0 for widows menunjukan bahwa pengaruh variabel independen (syariah marketing) terhadap variabel dependen (minat anggota menggunakan produk murabahah) mampu memberikan sumbangan sebesar 51,8% bearti ada pengaruh yang signifikan antara marketing syari’ah terhadap minat anggota menggunakan produk murabahah, sedang yang 48,2% sisanya di jelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model ini (tidak diteliti) atau dijelaskan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Variabel tersebut antara lain berada pada tingkat pendapatan, lokasi, status dan pengetahuan terhadap bank syari’ah maupun variabel lainnya. Hasil uji empiris pengaruh antara marketing syariah terhadap minat anggota, menunjukkan nilai t hitung 6,389 dan p value (sig) sebesar 0,000 yang di bawah 5%, dengan menggunakan tingkat alpha 5%, maka posisi nilai probabilitasnya berada dibawah alphanya. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara marketing syariah terhadap minat anggota menggunakan produk murabahah. Dari hasil penelitian tersebut diharapakan bermanfaat bagi semua pihak terutama dalam meningkatkan minat anggota.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Marketing Syari’ah; Murabahah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 06 Nov 2014 04:40
Last Modified: 06 Nov 2014 04:40
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2653

Actions (login required)

View Item View Item