Pengaruh karakteristik syari’ah marketing terhadap kepuasan nasabah pada BMT Bismillah Cepiring

Al Athof, Royyan (2014) Pengaruh karakteristik syari’ah marketing terhadap kepuasan nasabah pada BMT Bismillah Cepiring. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
092411151_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092411151_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092411151_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (807kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092411151_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092411151_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092411151_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092411151_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (9kB) | Preview

Abstract

Mengingat semakin ketatnya persaingan bisnis sekarang ini, banyak perusahaan dalam melakukan kegiatan pemasarannya menyimpang dari prinsip syari’ah hanya untuk memuaskan pelanggan agar mereka tidak beralih ke tempat lain. Yang terjadi di BMT Bismillah dalam perkembangan jumlah nasabah mengalami peningkatan diduga adanya kepuasan nasabah, permasalahan disini adalah apa yang menyebabkan terjadinya peningkatan jumlah nasabah dan apakah kepuasan nasabah dapat dipengaruhi oleh karakteristik syari’ah marketing. Oleh karena itu dengan adanya fenomena inilah yang mendorong untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Karakteristik Syari’ah Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah Pada BMT Bismillah Cepiring”. Berdasarkan uraian tersebut maka permasalahan yang timbul adalah adakah pengaruh karakteristik syari’ah marketing (teistis, etis, realistis, humanistis) terhadap kepuasan nasabah pada BMT Bismillah Cepiring. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh karakteristik syari’ah marketing (yang diwakili oleh teistis dan etis) terhadap kepuasan nasabah pada BMT Bismillah Cepiring. Populasi penelitian ini adalah seluruh nasabah BMT Bismillah Cepiring. Pengambilan sampel yang berjumlah 80 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Teknik analisa yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Pengaruh yang di uji adalah variabel teistis dan variabel etis, karena dua variabel tersebut dianggap paling berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Teistis lebih menjelaskan hubungan terhadap Tuhan dan etis menjelaskan hubungan terhadap manusia dalam hal ini hubungan nasabah dengan karyawan BMT Bismillah. Uji t adalah uji secara individu pengaruh dari masing-masing variabel terhadap kepuasan nasabah. Nilai Thitung variabel teistis (x1) sebesar 5,737 dan variabel etis (x2) sebesar 11,995 dengan Ttabel 1,991 sehingga dapat diartikan bahwa secara individu baik variabel teistis dan etis berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Uji F adalah suatu yang menyatakan bahwa semua variabel bebas secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel terikat. Fhitung sebesar 202,923 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,150 artinya bahwa variabel teistis dan etis secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Berdasar pada penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi BMT Bismillah Cepiring yaitu dapat menjadi bahan pertimbangan baik secara langsung maupun tidak langsung untuk mengevaluasi dalam menerapkan konsep syari’ah marketing yang sebenarnya, pemahaman tentang kepuasan nasabah terhadap bentuk penerapan syari’ah marketing.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Marketing Syariah; Kepuasan Nasabah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 18 Nov 2014 06:21
Last Modified: 18 Nov 2014 06:21
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2681

Actions (login required)

View Item View Item