Pengaruh label halal dan citra merek terhadap minat beli masyarakat muslim (studi lapangan di Pusat Oleh-oleh Pandanaran Semarang)

Nihayah, Ulfatun (2014) Pengaruh label halal dan citra merek terhadap minat beli masyarakat muslim (studi lapangan di Pusat Oleh-oleh Pandanaran Semarang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
102411135_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
102411135_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
102411135_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
102411135_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
102411135_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
102411135_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
102411135_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian yang berjudul “Pengaruh Label Halal dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Masyarakat Muslim (Studi Lapangan di Pusat Oleh-oleh Pandanaran Semarang)”. Banyak beredarnya produk makanan pada saat ini ternyata tidak semuanya memiliki label halal dan citra merek. Tentu masalah ini akan menjadikan masyarakat muslim menjadi resah. Karena di dalam Islam ummat muslim diwajibkan untuk mengkonsumsi makanan halal, dan citra merek dari sebuah produk akan menambah kepercayaan bagi mereka. Pusat Oleh-oleh Pandanaran Semarang adalah tempat yang menjadi pusat perbelanjaan oleh-oleh dan makanan khas yang ada di Semarang. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh label halal (X₁) dan citra merek (X₂) terhadap minat beli (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen muslim di Pusat Oleh-oleh Pandanaran Semarang. Namun sampel yang digunakan sebanyak 83 responden. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan metode pengambilan accidental sampling.Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Adapun variabel yang diteliti meliputi label halal dan citra merek sebagai variabel bebas dan minat beli sebagai variabel terikat. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t hitung masing-masing variabel bebas adalah 2,587 untuk label halal dan 6,092 untuk citra merek. Sedangkan nilai t tabel adalah 1,664 yang lebih kecil dibanding t hitung. Artinya, secara parsial ada pengaruh yang signifikan antara label halal (X₁) dan citra merek (X₂) terhadap minat beli (Y). Sedangkan dari hasil analisis koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,791. Artinya, bahwa variasi perubahan variabel minat beli (Y) dipengaruhi oleh variabel bebas label halal (X₁) dan citra merek (X₂) sebesar 79,1%. Sedangkan sisanya 20,9% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Label Halal; Citra Merek; Minat Beli
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.39 Other Practices (Incl. Halal Food, Syirik, Munafiq)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Nur Khoirin, M.Ag.; Raden Arfan Rifqiaawan, S.E., M.Si.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 01 Dec 2014 07:25
Last Modified: 01 Dec 2014 07:25
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2779

Actions (login required)

View Item View Item