Analisis penerapan bauran promosi dalam upaya meningkatkan volume penjualan produk simpanan Suka Rela Lancar – Sirela (studi kasus pada BMT Al Hikmah Ungaran kabupaten Semarang)

Agustina, Putri Resty (2014) Analisis penerapan bauran promosi dalam upaya meningkatkan volume penjualan produk simpanan Suka Rela Lancar – Sirela (studi kasus pada BMT Al Hikmah Ungaran kabupaten Semarang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
112503009_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
112503009_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
112503009_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
112503009_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
112503009_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
112503009_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

BMT AL-HIKMAH Ungaran Kabupaten Semarang merupakan lembaga keuangan syariah yang melakukan kegiatan penghimpunan dana melalui mekanisme simpanan. Salah satu produk penghimpunan dana ini yaitu simpanan suka rela lancar (SiRela). Dalam menjalankan kegiatan penghimpunan dana memerlukan sebuah promosi, sebagai upaya dalam meningkatkan volume penjualan. Memperhatikan hal-hal tersebut diatas, penulis memandang penting untuk melakukan penelitian dengan judul “ANALISIS PENERAPAN BAURAN PROMOSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PRODUK SIMPANAN SUKA RELA LANCAR – SIRELA (Studi Kasus pada BMT Al-Hikmah Ungaran Kabupaten Semarang). Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bauran promosi apa saja yang diterapkan di BMT Al Hikmah Ungaran Kabupaten Semarang. Dengan rumusan masalah bagaimana penerapan bauran promosi di BMT Al- Hikmah Ungaran Kabupaten Semarang dalam upaya meningkatkan volume penjualan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang dilakukan di BMT Al Hikmah Ungaran Kabupaten Semarang untuk menggali data-data yang relevan atau sumber data (primer dan sekunder). Penulis melakukan pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analitis. Bauran promosi yang dilakukan oleh BMT AL-Hikmah Ungaran Kabupaten Semarang yaitu periklanan, media periklanan yang digunakan oleh BMT yaitu media buletin dan website. Hal ini dipandang lebih efektif dibandingkan jika BMT harus melakukan periklanan melalui media televisi. Hal ini dikarenakan lingkup BMT yang masih tergolong kecil dan dalam lingkup kabupaten kota. Selain periklanan adapula penjualan pribadi dalam praktiknya cenderung terfokus pada konsumen satu persatu, dan cenderung berpotensi memperoleh anggota yang loyal. Adapula publikasi yang dilakukan dengan cara penyebaran brosur dan penempelan standing banner di pusat perhatian dari suatu daerah. Yang terakhir yaitu promosi penjualan dalam praktiknya seringkali BMT memberikan bonus kepada pemilik rekening SiRela dan tanpa adanya potongan bulanan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Simpanan Suka Rela Lancar; Strategi Promosi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah (D3)
Additional Information: Pembimbing: H. Suwanto, S.Ag, M.M.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 02 Dec 2014 02:36
Last Modified: 02 Dec 2014 02:36
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2793

Actions (login required)

View Item View Item