Peran Manajemen MGMP dalam Meningkatkatkan Rofesionalitas Guru PAI SMA di Kota Semarang

Azizah, Hidayatul (2012) Peran Manajemen MGMP dalam Meningkatkatkan Rofesionalitas Guru PAI SMA di Kota Semarang. Masters thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Hidayatul_Azizah_Tesis_Sinopsis.pdf]
Preview
Text
Hidayatul_Azizah_Tesis_Sinopsis.pdf - Accepted Version

Download (585kB) | Preview
[thumbnail of Hidayatul_Azizah_Tesis_Bab1.pdf]
Preview
Text
Hidayatul_Azizah_Tesis_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of Hidayatul_Azizah_Tesis_Bab5.pdf]
Preview
Text
Hidayatul_Azizah_Tesis_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (21kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendalami tentang ManajemenMGMP PAI SMA di kota Semarang. Fokus penelitian adalah: 1) Bagaimanakah pelaksanaan manajemen MGMP PAI SMA di kota Semarang, 2) Bagaimana Kompentensi guru PAI SMA di kota Semarang, 3) Bagaimana manejemen MGMP dapat memberikan konstribusi terhadap peningkatan kompentensi dan profesionalitas guru PAI.
Penelitian ini dilakukan di MGMP PAI SMA di kota Semarang. Sifat penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan ilmu manajemen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi mendalam, wawancara berpartisipasi dan dokumentasi, dimana ketua dan sekretaris MGMP PAI informan kunci dan peneliti sebagai instrumen kunci dalam mendapatkan data. Pengambilan data dilaksanakan mulai bulan April 2012 sampai dengan bulan Mei 2012 di SMANegeri 3 Semarang I. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model interaktif. Proses analisis dilakukan sejak diperoleh data sampai selesainya penulisan laporan.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Pelaksanaan manajemen MGMP PAI SMA di Kota Semarang meliputi: Perencanaan, Penggerakan, Pengawasan, Penyusun anggaran biaya, Menyusun dalam arti peranan perorangan dan pengemban pemberdayaan di upayakan dapat melaksanakan sesuai dengan fungsi masing masing. 2) Kompetensi guru PAI di Semarang sudah banyak yang memenuhi sarat, dari data yang diperoleh sudah mencapai 80 % dari jumlah 40 Guru PAI aktif yang telah lulus PKG (Pelatihan Kompetensi Guru) atau Sertifikasi guru sebagai syarat menjadi guru profesional sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dalam Bab I pasal 1 menerangkan bahwa yang dimaksud dengan kompetensi adalah seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalan. 3)
MGMP memberikan kontribusi terhadap kompetensi dan profesionalitas guru PAI SMA di Kota Semarang melalui: a) Pendalaman dan pengayaan materi pembelajaran melalui kajian literatur yang terkait dengan PAI.b)Diskusi secara berkala tentang masalah-masalah yang terus berkembang yang terkait dengan pendidikan dan keislaman.c)Mengadakan dialog dengan pakar pendidikan dan keislaman serta masalah lain sebagai pengembangan wawasan.d) Melakukan pelatihan penggunaan ICT sebagai model dalam pembelajaran.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peran manajemen MGMP dalam meningkatkan profesionalitas guru PAI memiliki peran yang sangat penting sehingga keterlibatan semua guru PAI SMA sangat diharapkan sesuai dengan tujuan pelaksanaan MGMP.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), Profesionalisme Guru, Pendidikan Agama Islam, Teacher Professionalism, Islamic Education
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 06 Sep 2013 06:02
Last Modified: 06 Sep 2013 06:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics