Studi Pemahaman Ibnu Taimiyyah tentang Hadis Kepemimpinan Quraisy

Ulum, Hasisul (2012) Studi Pemahaman Ibnu Taimiyyah tentang Hadis Kepemimpinan Quraisy. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
084211005_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
084211005_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
084211005_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
084211005_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
084211005_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
084211005_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
084211005_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (46kB) | Preview

Abstract

Menganalisa kembali hadis kepemimpinan Quraisy dalam pandangan Ibnu Taimiyyah merupakan kajian yang sangat menarik, karena Ibnu Taimiyyah adalah salah satu tokoh pemikir Islam yang memiliki perhatian sangat serius terhadap isu pembaharuan (tajdīd) dan pemurnian akidah, sekaligus memiliki kontribusi yang cukup besar bagi pemikiran politik Islam. Sekalipun Ibnu Taimiyyah tidak meninggalkan sebuah gerakan besar, namun murid-muridnya seperti Ibnu al-Qayyim al-Jauziyah, Ibnu Rajab, berusaha meneruskan pemikirannya. Pengaruh pemikiran Ibnu Taimiyyah akan terlihat pada waktu-waktu berikutnya. Pada abad ke-18 M., di Jazirah Arab muncul suatu gerakan Wahabi, yang dipelopori oleh Muhammad ibnu Abdul Wahab (1703-1792 M.). Gerakan yang menitik beratkan misinya pada pemurnian akidah serta pemangkasan praktek-praktek bid'ah yang mendapat dukungan penuh dari penguasa Bani Su’ud sehingga berhasil dengan sukses dan berkembang ke seluruh dunia. Di Yaman, muncul seorang ulama besar, Muhammad ibnu 'Ali Asy-Syaukani (1759-1834 M.) yang mengarang kitab Nailu al-Auţār. Beliau juga banyak dipengaruhi oleh pemikiran Ibnu Taimiyyah, pemikiran Muhammad Abduh dan Rasyid Ridha juga tidak luput dari perhatian, meski dalam format yang berbeda, tetapi ide pembaharuan mereka sedikit banyak dipengaruhi oleh pemikiran neo-Salafi IbnuTaimiyyah. Dalam penelitian ini, penulis berusaha mengkaji metode pemahaman Ibnu Taimiyyah tentang hadis kepemimpinan Quraisy secara komprehensif dan mencoba mendialektikan secara kontekstual dengan realitas sosial dan politik yang melatar belakanginya. Penulis menggunakan beberapa metode. Metode deskriptif-analitis. metode ini adalah mengungkap kerangka pemikiran hadis yang dituangkan oleh tokoh dalam karya yang menjadi obyek penelitiannya, untuk kemudian dilakukan analisis terhadapnya. Data deskriptif dianalisis menurut isinya. Oleh karena itu, analisis macam ini juga disebut analisis isi (content analysis). Metode hermeneutika reproduktif yang bertujuan untuk memahami sebuah pemikiran dengan mempertimbangkan dua aspek dari objek tersebut; Empati Psikologis dan Empati Epistemologis. dan Metode komparatif, untuk membandingkan pemikiran para tokoh, maupun membandingkan beberapa metode pemikiran yang dipakai seorang tokoh dalam memahami sebuah teks, agar dapat ditemukan letak perbedaan dan persamaannya. Semua metode ini ditempuh untuk memperoleh hasil yang komprehensif tentang metode pemahaman Ibnu Taimiyyah dalam mengaktualisasikan teks normatif ke dalam teks historis. Setelah menemukan gambaran secara utuh mengenai metode pemahaman Ibnu Taimiyyah tentang hadis kepemimpinan Quraisy, penelitian ini juga melihat fenomena politik dan sosial yang melatar belakanginya. Semua langkah-langkah yang ditempuh merupakan eksplorasi jawaban pada rumusan masalah penelitian ini, yakni: Bagaimana metode pemahaman Ibnu Taimiyyah tentang hadis kepemimpinan Quraisy dan faktor-faktor yang melatarbelakangi tipologi pemahamannya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan dalam Islam; Kepemimpinan Quraisy
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.125 Hadits > 297.1251 Study of Text of Hadith
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Tafsir Hadis
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 27 Nov 2013 07:54
Last Modified: 27 Nov 2013 07:54
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/286

Actions (login required)

View Item View Item