Hubungan mahabbah dan kedisiplinan belajar siswa MTs Heru Cokro Mlonggo Jepara

Muna, Nailil (2014) Hubungan mahabbah dan kedisiplinan belajar siswa MTs Heru Cokro Mlonggo Jepara. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
104411034_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
104411034_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
104411034_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
104411034_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
104411034_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
104411034_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Wujud mahabbatullah adalah dengan ketaantan dalam mengerjakan amalan-amalan yang Allah sukai dan menjauhi yang Allah larang. Jika memang taat itu sudah tertanam, tentu ketaatan pada kebaikan yang lain akan mengikuti. Karena orang yang cinta kepada Allah akan berhias diri semata-mata untuk Allah SWT. Dalam hal belajar, ketaatan sangat dibutuhkan guna menunjang kesuksesan belajar. Ketaatan disini bisa diartikan sebagi sikap disiplin. Disiplin adalah ketaatan atau kepatuhan terhadap hukum, undang-undang, peraturan, ketentuan dan norma-norma yang berlaku dengan disertai kesadaran dan keihlasan hati. Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang sangat strategis untuk menanamkan kedisiplinan dengan cara melatih anak untuk menaati peraturan. Penelitian ini berjudul “Hubungan Mahabbah dan Kedisiplinan Belajar Siswa MTs Heru Cokro Mlonggo Jepara” yang bertujuan untuk mengetahui Hubungan Mahabbah dan Kedisiplinan Belajar Siswa MTs Heru Cokro Mlonggo Jepara. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permaslahan apakah terdapat hubungan antara mahabbah dan kedisiplinan belajar siswa MTs Heru Cokro Mlonggo Jepara. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan lapangan (field research). Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Stratified Sampling. Berdasarkan teknik tersebut diambil sampel sebanyak 65 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran skala. Analisis data menggunakan korelasi product moment dengan bantuan SPSS (Statistical Program For Social Service) versi 16.00 for windows. Hasil uji hipotesis diperoleh = 0,647 dengan p=0,000 (p<0,01). Hasil tersebut menunjukkan terdapat hubungan yang sangat signifikan antara mahabbah dan kedisiplinan belajar siswa MTs Heru Cokro Mlonggo Jepara. Yaitu semakin tinggi mahabbah siswa maka akan semakin tinggi kedisiplinan belajarnya. Dengan kategorisasi siswa pada variabel mahabbah diperoleh 41 siswa dari 65 siswa atau 63% termasuk kategori tinggi menunjukkan bahwa siswa MTs Heru Cokro Mlonggo Jepara memiliki mahabbah yang tinggi. Dan hasil kategori siswa pada variabel kedisiplinan belajar diperoleh 40 siswa dari 65 siswa atau 61% termasuk kategori tinggi menunjukkan bahwa siswa MTs Heru Cokro Mlonggo Jepara memiliki kedisiplinan belajar yang tinggi. Kata kunci : mahabbah , kedisiplinan belajar

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Mahabbah; Kedisiplinan Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism > 297.45 Sufi ethics
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Tasawuf dan Psikoterapi
Additional Information: Pembimbing: Drs. Nidlomun Ni'am, M.Ag.; Sri Rejeki, S.Sos.I., M.Si.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 08 Dec 2014 02:42
Last Modified: 08 Dec 2014 02:42
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2866

Actions (login required)

View Item View Item