Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Full Day School di SMKN 2 Kota Sawahlunto

Putra, Edri (2010) Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Full Day School di SMKN 2 Kota Sawahlunto. Masters thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of EdriPutra_Tesis_Coverdll.pdf]
Preview
Text
EdriPutra_Tesis_Coverdll.pdf - Submitted Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of EdriPutra_Tesis_Bab1.pdf]
Preview
Text
EdriPutra_Tesis_Bab1.pdf - Submitted Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of EdriPutra_Tesis_Bab2.pdf]
Preview
Text
EdriPutra_Tesis_Bab2.pdf - Submitted Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of EdriPutra_Tesis_Bab5.pdf]
Preview
Text
EdriPutra_Tesis_Bab5.pdf - Submitted Version

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of EdriPutra_Tesis_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
EdriPutra_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (39kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bermaksud mengungkap lebih mendalam tentang proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam full day school di SMKN 2 Kota Sawahlunto. Sedangkan fokus penelitian ini bertujuan pada tiga hal, yaitu: 1) Pelaksanaan pengajaran Pendidikan Agama Islam dalam Full Day School, 2) Upaya menciptakan kondisi yang kondusif bagi siswa dalam proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam di Full Day School SMKN 2 Kota Sawahlunto, dan 3) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebelum dan dalam program Full Day School SMKN 2 Kota Sawahlunto.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, informan yang dipilih adalah informan yang memiliki pemahaman dan berkaitan langsung dengan situasi yang menjadi fokus penelitian. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) wawancara mendalam (in-depth interview); (2) observasi partisipan (participant observation); (3) studi dokumentasi (study of documents). Data yang terkumpul melalui ketiga tekhnik tersebut dianalisis secara berulang-ulang.
Temuan penelitian secara keseluruhan adalah sebagai berikut: Pelaksanaan pengajaran pendidikan agama Islam memang membutuhkan penambahan waktu, namun semua itu belum berhasil tanpa di tunjang oleh faktor-faktor yang lain, karena penambahan waktu saja tanpa memperhatikan strategi, metode dan kondisi siswa maka sangat mustahil memperole hasil yang maksimal.
Proses pembelajaran yang baik sangat didukung oleh kemampuan guru dalam menyampaikan materi dan kesiapan siswa dalam menerima dan mengelolah pelajaran itu sendiri.
Penelitian ini memiliki keterbat asan (kualitas, kondisi siswa, dan strategi pembelajaran), untuk itu di harapkan pengembangan strategi, model dan setting pengaturan pelajaran dengan melihat situasi siswa. Untuk itu diharapkan upaya kepada penelitian yang lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Proses Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Full Day School
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 27 Nov 2013 09:44
Last Modified: 27 Nov 2013 09:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/288

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics