Strategi pemasaran produk SIMAPAN (Simpanan Masa Depan) di KJKS BMT Marhamah Cabang Sukoharjo Wonosobo

Ma'shumah, Luk Luul (2014) Strategi pemasaran produk SIMAPAN (Simpanan Masa Depan) di KJKS BMT Marhamah Cabang Sukoharjo Wonosobo. Diploma thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
112503083_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
112503083_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
112503083_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
112503083_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
112503083_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
112503083_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (8kB) | Preview

Abstract

Salah satu produk KJKS BMT Marhamah adalah Simpanan Masa Depan (SIMAPAN). Produk ini merupakan investasi masa depan melalui simpanan pihak ketiga yang penarikannya hanya dapat dilakukan dalam jangka waktu tertentu (jatuh tempo) dengan mendapat imbalan bagi hasil menurut kesepakatan bersama. Produk ini dalam pelaksanaannya menggunakan akad mudharabah, yaitu salah satu bentuk kerjasama antara pemilik modal dan pedagang/pengusaha/orang yang mempunyai keahlian untuk melakukan sebuah usaha bersama.Penelitian ini akan membahas strategi pemasaran yang dilakukan dalam produk SIMAPAN. Yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah, bagaimana operasionalisasi produk SIMAPAN di KJKS BMT Marhamah Cabang Sukoharjo Wonosobo dan bagaimana strategi pemasaran produk SIMAPAN di KJKS BMT Marhamah Cabang Sukoharjo Wonosobo. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang mengambil lokasi di KJKS BMT Marhamah Wonosobo. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder, yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data-data yang sudah terkumpul kemudian penulis analisis dengan menggunakan metode deskriptif analitis, yakni menggambarkan tentang operasionalisasi produk dan strategi pemasarannya di KJKS BMT Marhamah Wonosobo, kemudian dianalisis dengan menggunakan metode SWOT sehigga menjadi sebuah kesimpulan penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, Sistem operasional produk SIMAPAN di KJKS BMT Marhamah memiliki beberapa sasaran dan mekanisme yang sudah diatur dan ditentukan oleh BMT Marhamah. Produk SIMAPAN ini menggunakan akad mudharabah muthlaqah, dimana pihak pemilik dana (shahibul maal) tidak memberikan batasan tertentu untuk menginvestasikan dananya asalkan masih berada dalam lingkup syariah. Dalam produk SIMAPAN juga banyak keunggulan dan kelemahan yang digunakan sebagai pedoman dalam meningkatkan mutu produk tersebut. Kedua, berdasarkan analisis SWOT, maka strategi pemasaran KJKS BMT Marhamah adalah sebagai berikut. Kekuatannya adalah sistem jemput bola sehingga mempermudah mitra yang hendak menabung. Kelemahannya adalah jumlah petugas penghimpun dana (marketer) yang kurang memadahi dan sulitnya medan yang harus dijangkau.Peluangnya adalah produk itu masih menjadi satu-satunya produk BMT yang ada di Wonosobo. Ancamannya adalah banyaknya BMT lain yang berdiri di Wonosobo.

[error in script]
Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran; Produk Perbankan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (D3)
Additional Information: Pembimbing: Dede Rodin, M.Ag.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 09 Dec 2014 05:39
Last Modified: 09 Dec 2014 05:39
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2890

Actions (login required)

View Item View Item