Implementasi amaliyah diniyah dalam mewujudkan budaya sekolah islami di SD Islam Sultan Agung 4 Semarang

Aris, Saikhul (2014) Implementasi amaliyah diniyah dalam mewujudkan budaya sekolah islami di SD Islam Sultan Agung 4 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
073111089_coverdll.pdf - Cover Image

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073111089_bab1.pdf - Accepted Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073111089_bab2.pdf - Accepted Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073111089_bab3.pdf - Accepted Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073111089_bab4.pdf - Accepted Version

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073111089_bab5.pdf - Accepted Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073111089_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (198kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang implementasi amaliyah diniyah dalam rangka mewujudkan budaya sekolah Islami di SD Islam Sultan Agung 4 Semarang. Kajiannya dilatarbelakangi oleh kurang berhasilnya pendidikan agama Islam dalam menggarap sikap dan perilaku keberagamaan peserta didik. Bermacam-macam argumen yang dikemukakan untuk memperkuat statemen tersebut, antara lain: (1) PAI kurang bisa mengubah pengetahuan agama yang kognitif menjadi “makna” dan “nilai” atau kurang mendorong penjiwaan terhadap nilai-nilai keagamaan yang perlu di internalisasikan dalam diri peserta didik; (2) PAI kurang dapat berjalan bersama dan bekerja sama dengan program-program pendidikan non agama; (3) PAI kurang mempunyai relevansi terhadap perubahan sosial yang terjadi di masyarakat, sehingga peserta didik kurang menghayati nilai-nilai agama sebagai nilai yang hidup dalam keseharian. Karenanya, untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada kepada Tuhan YME serta berakhlak mulia sesuai dengan tujuan pendidikan agama Islam, maka perlu adanya pembinaan secara terus menerus dan berkelanjutan baik di dalam kelas maupun di luar kelas atau diluar sekolah. Bahkan, diperlukan pula kerjasama yang harmonis dan interaktif di antara para warga sekolah dan para tenaga kependidikan yang ada di dalamnya. SD Islam Sultan Agung 4 Semarang merupakan salah satu sekolah Islam yang sangat memperhatikan pentingnya penanaman amaliyah diniyah pada peserta didiknya, hal ini terlihat dengan dilakukannya pembiasaan-pembiasaan baik yang diterapkan di sekolah tersebut. Studi ini dimaksud untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimanakah implementasi amaliyah diniyah dalam rangka mewujudkan budaya sekolah Islami di SD Islam Sultan Agung 4 Semarang? (2) Bentuk-bentuk amaliyah diniyah apa sajakah yang diterapkan di SD Islam Sultan 4 Semarang? Tujuan penelitian ini antara lain: (1) Mendeskripsikan bagaimana implementasi amaliyah diniyah yang diterapkan di SD Islam Sultan Agung 4 Semarang dalam rangka mewujudkan budaya sekolah Islami. (2) Menjelaskan bentuk-bentuk amaliyah diniyah yang diterapkan di SD Islam Sultan Agung 4 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis melalui rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan: (1) wawancara (2) observasi dan (3) dokumentasi. Teknik analisis datanya dilakukan dengan cara: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pemeriksaan kekabsahan data dilakukan dengan perpanjangan waktu dan ketekunan observasi, tekknik triangulasi dan diskusi rekan sejawat, serta menggunakan referensi. Adapun hasil penelitian dari skripsi ini, antara lain: 1) Implementasi amaliyah diniyah dalam rangka mewujudkan budaya sekolah Islami (BUSI) di SD Islam Sultan Agung 4 Semarang dilakukan dengan cara menerapkan secara langsung standar operasional BUSI yang telah dibuat oleh tim motivator BUSI dan disepakati oleh ketua II Bidang Dikdasmen YBWSA (Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung). Adapun persiapan-persiapan yang dilakukan oleh yayasan bersama sekolah sebelum diterapkannya BUSI ini, antara lain: Pertama, Merumuskan standar oiperasional prosedur BUSI, Kedua, Membentuk tim motivator BUSI, Ketiga, Membentuk tim penegak disiplin sekolah (petugas piket BUSI), Keempat, Mensosialisasikan standar operasional prosedur BUSI. 2) Bentuk-bentuk amaliyah diniyah yang dibiasakan dan diterapkan di SD Islam Sultan Agung 4 Semarang dalam rangka mewujudkan budaya sekolah Islami (BUSI) antara lain yaitu: a) Pembiasaan hidup bersih (Thoharoh), b) Berbusana Islami, c) Pembiasaan Akhlak yang baik, d) Pembiasaan Shalat berjama’ah, dan e) Pembinaan Baca Tulis al-Qur’an (BTQ).

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Amaliyah diniyah; Budaya sekolah islami
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing : Drs. Achmad Sudja'i, M.Ag; Drs. Wahyudi, M.Pd
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 11 Dec 2014 07:27
Last Modified: 11 Dec 2014 07:27
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2946

Actions (login required)

View Item View Item