Manajemen pembelajaran inklusi (Studi kasus di MI Keji Ungaran Barat)

Hakim, Zaenal (2014) Manajemen pembelajaran inklusi (Studi kasus di MI Keji Ungaran Barat). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of 083311027_coverdll.pdf]
Preview
Text
083311027_coverdll.pdf - Cover Image

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 083311027_bab1.pdf]
Preview
Text
083311027_bab1.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 083311027_bab2.pdf]
Preview
Text
083311027_bab2.pdf - Accepted Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of 083311027_bab3.pdf]
Preview
Text
083311027_bab3.pdf - Accepted Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 083311027_bab4.pdf]
Preview
Text
083311027_bab4.pdf - Accepted Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 083311027_bab5.pdf]
Preview
Text
083311027_bab5.pdf - Accepted Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 083311027_bibliografi.pdf]
Preview
Text
083311027_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (88kB) | Preview

Abstract

Skrpsi ini membahas tentang manajemen pembelajaran inklusi di Madrasah Ibtidaiyah. Kajian penelitian ini dilatarbelakangi oleh perbedaan pembelajaran khususnya Anak Berkebutuhan Khusus yang belajar bersama-sama dengan anak reguler dalam satu kelas dan menggunakan kurikulum yang sama. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran inklusi di M.I. Keji Ungaran Barat? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran inklusi di M.I. Keji Ungaran Barat? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran inklusi di M.I. Keji Ungaran Barat? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di M.I. Keji Ungaran Barat. Sekolah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan potret fungsi pembelajaran inklusi bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Datanya diperoleh dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif yaitu metode analisis data yang berupa kata-kata, gambar dan bukan angka-angka.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Perencanaan Pembelajaran Inklusi di M.I. Keji Ungaran Barat yang dapat menunjang keberhasilan pembelajaran meliputi: RPP, Silabus, jurnal harian, asslessment anak dan menggunakan kurikulum KTSP sesuai dengan kurikulum reguler. Namun dalam pelaksanaannya kurikulum tersebut dimodifikasi dengan cara: sistem akselerasi, kurikulum personal atau sistem PPI (Program Pembelajaran Individual), sistem remidial, penanaman sikap budi pekerti, dan self help (bantu diri). (2) Pelaksanaan pembelajaran inklusi di M.I. Keji Ungaran Barat sudah berjalan dengan baik dimulai ketika peserta didik sudah siap secara fisik maupun psikis. Tahap pertama dimulai dengan kegiatan awal, tahap kedua kegiatan inti, dan tahap ketiga penutup. Metode yang digunakan dalam proses pembelajaran berupa metode ceramah, metode cerita, metode menghafal, metode tanya jawab, metode demonstrasi. Kemudian ada penambahan metode yaitu metode tutorial (metode saling mendidik), dan metode uswah hasanah yang digunakan pada program self help. Metode digunakan sesuai dengan karakteristik peserta didik dan materi yang disampaikan. (3) Evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan di M.I. Keji Ungaran Barat sudah mengikuti prosedur. Karena pelaksanaannya sudah ditetapkan dalam bentuk praktek, evaluasi lisan dan evaluasi tertulis dan bahkan dilakukan melalui pengamatan langsung dari guru selama proses pembelajaran. Pelaksanaan evaluasi dilakukan melalui tiga tahap yaitu: evaluasi harian (remidial), evaluasi mingguan, evaluasi semesteran. pelaksanaan evaluasi disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik.
Saran bagi kepala sekolah ikut berperan dalam membantu pendidik menciptakan active learning. Kerjasama dalam mengarahkan KBM yang lebih baik. Sedangkan bagi guru dalam merencanakan pembelajaran hendaknya dipertimbangkan secara lebih matang, sehingga diharapkan untuk pelaksanaan pembelajaran dapat mencapai tujuan awal dengan sukses. Pendidik hendaknya selalu aktif menambah informasi baru dari berbagai media. Karena dengan bertambahnya informasi, maka penggunaan metode pembelajaran, materi pembelajaran mengalami perkembangan sehingga proses pembelajaran menjadi lebih baik dan bervariasi atau tidak monoton.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : Syamsul Ma’arif, M.Ag. ; Ismail SM, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Manajemen pembelajaran; Inklusi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 16 Dec 2014 04:01
Last Modified: 16 Dec 2014 04:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3003

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics