Terapi Air untuk Meningkatkan Atensi Anak Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas di Sekolah Luar Biasa (SLB) ABC "SWADAYA" Kendal

Laksono, Ria Sunaevita Ardiarini (2012) Terapi Air untuk Meningkatkan Atensi Anak Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas di Sekolah Luar Biasa (SLB) ABC "SWADAYA" Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
084411017_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
084411017_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
084411017_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
084411017_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
084411017_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (695kB) | Preview
[img]
Preview
Text
084411017_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
084411017_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (32kB) | Preview

Abstract

Air adalah sesuatu yang hidup. Tindakan kehidupan adalah tindakan yang mengalir. Pada konsep terbentuknya manusia, telur yang dibuahi 96%-nya adalah air. Setelah lahir, 80% tubuh seorang bayi adalah air. Setelah tubuh manusia berkembang sampai pada saat manusia dewasa, prosentase air berkurang dan menetap sampai batas 70%. Jadi selama ini manusia hidup sebagai air. Air membawa informasi. Informasi yang dibawa dapat bermuatan positif maupun negatif. Karena manusia adalah air, sudah pasti tubuh akan merespon informasi yang dibawa oleh air yang diminum. Jika tubuh mendapat informasi positif dari air, tubuh menjadi lebih sehat, dan sebaliknya. Dalam penelitian ini, peneliti mengadakan eksperimen berupa pemberian terapi air untuk peningkatan atensi anak gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas. Terapi air diberikan untuk membantu meningkatkan kemampuan subjek dalam memberikan atensi terhadap stimulus yang berkaitan dengan kegiatan belajar di kelas. Di dalam eksperimen ini, peneliti ingin mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan dari air yang telah dibacakan doa, terhadap peningkatan atensi anak Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas atau disebut juga dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Eksperimen ini menggunakan Desain Eksperimen Kasus Tunggal (single-case experimental design), dengan tipe A-B-A-B withdrawal. Tujuan dari dilakukannya eksperimen ini ialah untuk mengetahui seberapa besar air dapat memberi pengaruh positif terhadap peningkatan atensi pada anak Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas. Terapi air ini diberikan kepada kelima subjek ADHD untuk kategori kelas SMA C dan C-1 pada kelas X dan XI di Sekolah Luar Biasa ABC “Swadaya” Kendal. Pemberian terapi air dimulai dengan membaca Yā laṭīfu - Yā rasyīd sebanyak 10 kali oleh subjek penelitian pada setiap treatmentnya, dengan dibantu oleh peneliti. Kemudian subjek diinstruksikan untuk meminum air tersebut. Berdasarkan eksperimen yang dilakukan, maka dinyatakan bahwa terdapat beda perilaku pada subjek penelitian. Di dalam memberikan atensi terhadap stimulus yang berkaitan dengan kegiatan belajar di kelas. Pada saat subjek mendapatkan terapi air, subjek mampu memberikan atensinya dengan lebih baik saat mengikuti pelajaran di kelas. Namun pada saat subjek tidak menerima pemberian perlakuan terapi air, maka tingkat kemampuan dalam memberikan atensinya menjadi menurun. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari air yang telah dibacakan doa, terhadap peningkatan atensi anak Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Anak Gangguan Pemusatan Perhatian; Anak Hiperaktif; Sekolah Luar Biasa; Terapi Air
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 28 Nov 2013 07:37
Last Modified: 28 Nov 2013 07:37
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/306

Actions (login required)

View Item View Item