Perilaku Menyontek Mahasiswa Muslim (Pengaruh Tingkat Keimanan, Prokrastinasi Akademik dan Sikap terhadap Menyontek pada Perilaku Menyontek Mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo)

Warsiyah, Warsiyah (2013) Perilaku Menyontek Mahasiswa Muslim (Pengaruh Tingkat Keimanan, Prokrastinasi Akademik dan Sikap terhadap Menyontek pada Perilaku Menyontek Mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo). Masters thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
Warsiyah_Tesis_Sinopsis.pdf - Accepted Version

Download (901kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh langsung maupun tidak langsung tersebut secara simultana dalam suatu model analisi jalur. Secara lebih khusus, penelitian ini menguji (1) pengaruh Tingkat Keimanan dan Prokrastinasi Akademik pada Sikap terhadap Menyontek, (2) pengaruh langsung maupun tidak langsung Tingkat Keimanan, Prokrastinassi Akademik dan Sikap terhadap Menyontek pada Perilaku Menyontek. Uji hipotesis tersebut dilakukan berdasarkan data yang dikumpulkan dengan angket, yang disusun khusus untuk penelitian ini, dari 192 mahasiswa Muslim yang sedang belajar di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang, yang dipilih secara klaster. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis jalur atau path analysis, yang secara teknis menggunakan analisis regresi ganda dengan bantuan program komputer SPSS for Windows v. 16.0. Sebelum analisis tersebut, data dianalisis terlebih dahulu secara deskriptif untuk mengetahui kecenderungan subyek. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor subyek bervariasi, merentang dari yang terendah sampai yang tertinggi, di atas rentang teoritis (kecuali dimensi Sikap seluruhnya masuk kategori rendah, di bawah rerata teoritis). Namun demikian, kecenderungan pemusatannya bervariasi antar variabel. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa tidak semua hipotesis yang diajukan dapat diterima sepenuhnya karena tidak didukung oleh data penelitian ini. Pertama, Tingkat Keimanan secara empiris memiliki pengaruh langsung negative sedangkan Prokrastinasi Akademik secara empiris memiliki pengaruh langsung positif yang signifikan pada Sikap terhadap Menyontek. Akan tetapi, Tingkat Keimanan dan Prokrastinasi Akademik secara statistik dan atau praktis tidak memiliki pengaruh langsung pada Sikap terhadap Menyontek. Kedua, variabel Tingkat Keimanan dan Prokrastinasi Akademik secara tidak langsung (melalui Sikap terhadap menyontek) memiliki pengaruh yang signifikan pada Perilaku Menyontek. Kedua variabel tersebut secara total hanya menyumbangkan 0,9 persen pada varian Perilaku Menyontek. Sedangkan variabel Sikap terhadp Menyontek tidak memiliki pengaruh langsung maupun tidak langsung pada Perilaku Menyontek.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Menyontek, Tingkat Keimanan, Prokrastinasi Akademik, Cheating, Muslim Students
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 07 Sep 2013 04:04
Last Modified: 07 Sep 2013 04:04
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/31

Actions (login required)

View Item View Item