Implementasi konsep pendidikan Islam terpadu di SMP Islam terpadu PAPB Pedurungan Semarang

Sumaiyah, Euis (2010) Implementasi konsep pendidikan Islam terpadu di SMP Islam terpadu PAPB Pedurungan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3103146_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3103146_Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3103146_Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3103146_Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3103146_Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3103146_Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3103146_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Euis Sumaiyah (NIM: 3103146). Implementasi Konsep Pendidikan Islam Terpadu di SMP Islam Terpadu PAPB Pedurungan Semarang. Skripsi . Semarang : Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Konsep Dasar Pendidikan Islam Terpadu. 2) Implementasi (penerapan pendidikan Islam Terpadu di SMP Islam Terpadu PAPB Pedurungan Semarang). Dalam penelitian ini peneliti menggunaan metode deskriptif kualitatif analitik dengan pengumpulan data secara induktif, data-data penelitian dikumpulkan dengan beberapa metode. Metode wawancara digunakan untuk memperoleh informasi tentang penerapan pendidikan Islam terpadu dalam sekolah SMP Islam Terpadu Pedurungan Semarang. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pendidikan islam terpadu merupakan model pendidikan yang utuh menyeluruh, integral, bukan parsial, syumuliyah bukan juz’iyah. Hal ini menjadi semangat utama dalam gerak dakwah di bidang pendidikan sebagai perlawanan terhadap pemahaman sekuler, dikotomi, juz’iyah. Keterpaduan ini meliputi 3 aspek yaitu keterpaduan pola asuh, materi dan ranah. Ketiga aspek tersebut merupakan unsur penting dalam pendidikan islam terpadu. Apabila ketiga aspek itu diterapkan dengan baik, maka konsep pendidikan islam terpadu akan dapatr dilihat hasilnya secara nyata. 2) Implementasi pendidikan islam terpadu, pendidikan ini memadukan tiga aspek kurikulum yaitu: Kurikulum Diknas, Kurikulum pendidikan islam (Muatan lokal berbasis islam), dan pengembangan diri. Proses pembelajarannya melalui penyampaian materi pelajaran umum yang diperkaya dengan nilai-nilai agama dan penyampaian materi agama diperkaya dengan muatan-muatan pendidikan umum misalnya guru memulai proses pembelajaran dengan berdo’a bersama kemudian dilanjutkan dengan tadarus Al-Qur’an sekitar 10-15 menit, setelah itu dilanjutkan dengan penyampaian materi pelajaran. Contoh lain ketika peserta didik belajar tentang mata pelajaran biologi, maka pada waktu yang sama diharapkan pelajaran itu dapat meningkatkan keyakinannya pada Allah Swt, karena dalam Islam telah diterangkan bahwa Allahlah yang menciptakan keanekaragaman hayati di bumi ini. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, tenaga pendidik, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam Terpadu
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: H. Ahmad Ismail, M.Ag.
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 29 Dec 2014 09:10
Last Modified: 29 Dec 2014 09:10
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3158

Actions (login required)

View Item View Item