Upaya meningkatkan prestasi belajar PAI melalui pemberian tugas berbasis portofolio (studi tindakan kelas pada siswa kelas VIII G SMP N 30 Semarang)

Kurniawati, Indah (2010) Upaya meningkatkan prestasi belajar PAI melalui pemberian tugas berbasis portofolio (studi tindakan kelas pada siswa kelas VIII G SMP N 30 Semarang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 3103218_Coverdll.pdf]
Preview
Text
3103218_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 3103218_Bab 1.pdf]
Preview
Text
3103218_Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 3103218_Bab 2.pdf]
Preview
Text
3103218_Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 3103218_Bab 3.pdf]
Preview
Text
3103218_Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 3103218_Bab 4.pdf]
Preview
Text
3103218_Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 3103218_Bab 5.pdf]
Preview
Text
3103218_Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (7kB) | Preview
[thumbnail of 3103218_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
3103218_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) mengetahui pelaksanaan pemberian tugas berbasis portofolio untuk meningkatkan prestasi belajar PAI pada siswa kelas VIII G SMP N 30 Semarang, 2) meningkatkan prestasi belajar PAI pada siswa kelas VIII G SMP N 30 Semarang melalui pemberian tugas berbasis portofolio.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), terdiri dari tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri atas perencnaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII G SMP N 30 Semarang yang mempunyai prestasi belajar rendah pada mata pelajaran PAI disebabkan kurangnya fariasi metode pemberlajaran yang selama ini berlangsung. Peneliti kemudian menggunakan strategi pembelajaran dengan pemberian tugas berbasis portofolio untuk meningkatkan prestasi belajar PAI pada siswa kelas VIII G SMP N 30 Semarang. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode tes untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap konsep pendidikan agama Islam, metode observasi untuk mengmati proses pembelajaran pendidikan agama Islam melalui pemberian tugas berbasis portofolio (aktifita guru, patisipasi siswa), dan metode dokumentasi untuk mengetahui nam siswa, jumlah siswa dan nilai pendidikan agama Islam baik sebelum / sesudah diberi pembelajaran dengan pemberian tugas berbasis portofolio.
Setelah dilaksanakan tindakan melalui pemberian tugas berbasis portofolio, prestasi belajar PAI siswa kelas VIII G SMP N 30 Semarang meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya rerata penilaian tes akhir siswa pada tiap siklusnya, yaitu : siklus I = 6,70, siklus II = 7,10 dan siklus III = 7,70.
Dari hasil penelitian tersebut, diharapkan strategi pembelajaran dengan pemberian tugas berbasis portofolio untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dapat diterapkan oleh guru mata pelajaran PAI pada khususnya dan mata pelajaran lain pada umumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karnadi Hasan, M.Pd.; Lift Anis Ma’shumah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar; Pendidikan Agama Islam; Tugas Berbasis Portofolio
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 29 Dec 2014 09:14
Last Modified: 29 Dec 2014 09:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3161

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics