Efektivitas model pembelajaran probex terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada mata pelajaran Fisika kelas X MA Negeri Demak semester gasal tahun ajaran 2010/2011

Sarjito, Sarjito (2010) Efektivitas model pembelajaran probex terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada mata pelajaran Fisika kelas X MA Negeri Demak semester gasal tahun ajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 3105050_Coverdll.pdf]
Preview
Text
3105050_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (374kB) | Preview
[thumbnail of 3105050_Bab1.pdf]
Preview
Text
3105050_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 3105050_Bab2.pdf]
Preview
Text
3105050_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 3105050_Bab3.pdf]
Preview
Text
3105050_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 3105050_Bab4.pdf]
Preview
Text
3105050_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 3105050_Bab5.pdf]
Preview
Text
3105050_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (24kB) | Preview
[thumbnail of 3105050_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
3105050_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran PROBEX lebih efektif terhadap keterampilan proses sains peserta didik kelas X semester gasal MA Negeri Demak Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MA Negeri Demak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peseta didik kelas X, sedangkan sampelnya adalah kelas X9 yang terdiri dari 30 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas X4 yang terdiri dari 40 peserta didik sebagai kelas kontrol.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, metode dokumentasi dan metode tes. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas dengan menggunakan nilai ulangan tes sebelumnya. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran PROBEX dan kelas kontrol tanpa menggunakan model pembelajaran PROBEX. Setelah data didapat terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas.
Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikasi = 5% diperoleh thitung = 3,091, sedangkan ttabel = 2,29. Karena thitung > ttabel maka berarti rata-rata keterampilan proses sains peserta didik yang diajar dengan pembelajaran PROBEX lebih baik daripada peserta didik yang tidak diajar dengan pembelajaran PROBEX.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Wenty Dwi Yuniarti, S. Pd., M. Kom.; H. Mursid M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajara; Probex; Fisika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 30 Dec 2014 09:39
Last Modified: 30 Dec 2014 09:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3172

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics