Pengaruh persepsi siswa mengenai inovasi guru dalam mengajar terhadap motivasi belajar PAI siswa kelas VIII di SMP Negeri 01 Lasem tahun 2009 / 2010

Fithria, Siti (2010) Pengaruh persepsi siswa mengenai inovasi guru dalam mengajar terhadap motivasi belajar PAI siswa kelas VIII di SMP Negeri 01 Lasem tahun 2009 / 2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3105013_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105013_Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105013_Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105013_Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105013_Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105013_Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105013_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1). Bagaimana persepsi siswa Kelas VIII mengenai inovasi guru dalam mengajar PAI di SMP N 01 Lasem 2). Bagaimana motivasi belajar PAI Siswa Kelas VIII di SMPN 01 Lasem tahun 2009/2010 3). Apakah ada pengaruh inovasi guru dalam mengajar terhadap motivasi belajar PAI siswa Kelas VIII di SMP N 01 Lasem tahun 2009/2010 . Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif menggunakan teknik korelasional, subyek penelitian sebanyak 42 responden, yang terdiri atas kelas VIII, menggunakan teknik random sampling. Adapun metode pengumpulan data menggunkan a. Observasi adalah memperhatikan sesuatu dengan mata atau pengamatan, meliputi, kegiatan pemuatan perhatian seluruh alat indra b. Metode angket atau kuesioner (questionares) adalah sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dari responden. c. Metode dokumentasi adalah mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan-catatan, transkip, profil sekolah dan sebagainya. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunkan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis penelitian dengan analisis regresi satu peridiktor dan korelasi. Pengujian hipotesis menunjukkan bhwa : 1). Persepsi siswa mengenai inovasi guru dalam mengajar di SMP N 01 Lasem termasuk dalam kategori sedang yaitu pada interval 63-71 dengan nilai rata-rata 66,0714. 2). Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP N 01 Lasem termasuk dalam kategori sedang, yaitu pada interval 70-76 dengan nilai rata-rata 70,857. 3). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi siswa mengenai inovasi guru dalam mengajar terhadap motivasi belajar PAI Siswa pada mata pelajaran PAI Kelas VIII di SMP N 01 Lasem ditunjukkan dengan hasil Freg = 11,02 > Ftabel (0,01 : 1, 40) = 4,08 dan Freg = 11, 02 > Ftabel (0,05 : 1,40) = 7,31, ditunjukkan pula oleh koefisien korelasi R xy = 0,46 dan koefisien determinasi R2 xy = 0, 22. Ini menunjukkan bahwa 12 % variasi skor persepsi siswa mengenai inovasi guru dalam mengajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI Kelas VIII di SMP N 01 Lasem melalui fungsi taksiran Y = 0,410X + 43,797. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para guru (pendidik) dan siswa-siswi di SMP N 01 Lasem khususnya dan masyarakat pada umumnya terutama dalam memberi dorongan kepada siswa agar senantiasa meningkatkan motivasi berprestasi secara memadai.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa; Inovasi Guru; Motivasi Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Abdul Wahid, M.Ag.; Dra. Muntholiah, M. Pd.
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 31 Dec 2014 09:09
Last Modified: 31 Dec 2014 09:09
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3192

Actions (login required)

View Item View Item