Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI dengan strategi Active Learning tipe Active Knowledge Sharing di SMP N 31 Semarang semester II, kelas VIII tahun ajaran 2009/2010

Fachruri, Achmad (2010) Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI dengan strategi Active Learning tipe Active Knowledge Sharing di SMP N 31 Semarang semester II, kelas VIII tahun ajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3105019_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105019_Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105019_Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105019_Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105019_Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105019_Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105019_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui penerapan strategi active learning tipe active knowledge sharing pada peserta didik kelas VIII SMP N 31 Semarang tahun ajaran 2009/2010. (2) Meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dengan menggunakan strategi active learning tipe active knowledge sharing. Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research) pada peserta didik kelas VIII G SMP Negeri 31 Semarang. Dengan penggunaan model spiral dari Kemmis dan Mc.Taggart yang pelaksanaan tindakannya dalam siklus. Setiap siklus terdapat empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Dari hasil observasi secara langsung di kelas VIII G melalui pra siklus penelitian tindakan dapat diketahui metode atau strategi yang digunakan guru mata pelajaran PAI yang belum secara penuh menggunakan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah, artinya dalam proses pembelajaran peserta didik cenderung pasif dan kurang mempunyai pengalaman belajar dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan peserta didik dalam proses belajar mengajar berlangsung. Obyek penelitian ini adalah SMP Neegeri 31 Semarang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan satu kelas untuk menerapkan strategi active learning tipe active knowledge sharing yaitu kelas VIII G yang jumlahnya 31 peserta didik. Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran dengan menggunakan strategi active learning tipe active knowledge sharing dapat menciptakan aktivitas belajar baik aktivitas peserta didik dengan guru maupun aktivitas peserta didik dengan peserta didik, maka suasana pembelajaran menjadi aktif, komunikatif, dan peserta didik mendapatkan pengalaman belajar dan hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Pada tahap pra siklus keaktifan peserta didik mempunyai prosentasi 57,67% dan tes akhir 69,84. Pada siklus 1 setelah dilaksanakan tindakan keaktifan peserta didik meningkat menjadi 73,93% dan rata-rata tes akhir 79,23. Sedangkan pada sklus 2 setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan pada siklus 2 keaktifan peserta didik mengalami peningkatan yaitu prosentasinya 89,93% dan rata-rata tes akhir 82,19. Dari ketiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkan strategi active learning tipe active knowledge sharing dalam pembelajaran PAI dengan sebelumnya. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada penerapan strategi active learning tipe active knowledge sharing dalam pembelajaran dapat dilihat dari keaktifan dan rata-rata nilai peserta didik dan ketuntasan belajar dalam mengikuti tes akhir pembelajaran. Hasil penelitian tersebut, diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada semua pihak (peserta didik, guru, dan sekolah) untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Active Learning; Active Knowledge Sharing; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: Drs. Fatah Syukur NC, M. Ag.; Hj. Lift Anis Ma’sumah, M. Ag.
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 31 Dec 2014 09:11
Last Modified: 31 Dec 2014 09:11
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3193

Actions (login required)

View Item View Item