Manajemen Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia Pendidikan (Studi Kasus di MA. Mambaul Ulum Bata-Bata, Pamekasan)

Ridho, Ali (2013) Manajemen Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia Pendidikan (Studi Kasus di MA. Mambaul Ulum Bata-Bata, Pamekasan). Masters thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
AliRidlo_Tesisi_Sinopsis.pdf - Accepted Version

Download (409kB) | Preview

Abstract

Banyak madrasah yang menjadi sorotan masyarakat terkait kualitas sumber daya manusia pendidikan khususnya madrasah di lingkungan pesantren. Hal ini karena di samping jumlahnya yang sangat banyak naamun kualitas pengelolaan SDM pendidikan sampai sejauh ini, belum mampu sejajar dengan pendidikan umum lain terutama lembaga-lembaga umum unggulan yang sistemnya juga memakai sistem pesantren seperti full day school dll. Hanya sedikit lembaga pendidikan pesantren yang mampu berkompetsisi dengan lembaga-lembaga tersebut. sedangkan secara teoritis untuk dapat membangun sistem pendidikan dan lembaga pendidikan yang unggul, maka Madrasah Negeri/Swasta perlu melakukan berbagai strategi yang salah satunya adalah pengelolaan dan pengembangan SDM yang tersedia seoptimal mungkin, serta kontinu. Sehingga nanti diharpkan akan tumbuh madrasah-madrsah di lingkungan pesantren yang unggul kompetitif dan bersaing. Fokus penulisan tesis ini adalah bagaimana pelaksanaan manajemen peningkatan mutu SDM pendidikan dan analisis pelaksanaannya untuk mengetahui titik kekuatan dan kelemahannya di MA. Mambaul Ulum Bata-Bata, sehingga nantinya akan mengetahui secara detail tentang cara yang harus diterapkan oleh madrasah dalam meningkatkan mutu SDM pendidikan yang di dalamnya meliputi tenaga guru dan staf. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus. Data dan dokumen dikumpulkan dan dihimpun dengan menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi partisipan dan studi dokumentasi. Data dan dokumen tersebut kemudian diperiksa validitasnya melalui triangulasi metode dan sumber. Selanjutnya data dan dokumen tersebut dianalisis secaradeskriptif-kualitatif. Dari hasil penelitian penulis bahwa mutu pendidikan di MA. Mambaul Ulum Bata-Bata masuk berjalan dengan baik, hal ini dapat dibuktikan dari adanya komponen-komponen yang ada seperti Kepemimpinan yang berorientasi pada mutu, Pendidikan, pelatihan dan diklat, Struktur pendukung, komunikasi, serta ganjaran dan pengakuan semua terlaksana namun tidak maksimal. Sedangkan pelaksanaan peningkatan mutu mulai dari perencanaan, pendidikan dan pelatihan, evaluasi dan pemberian penghargaan. Berdasarkan analis penulis melalui analisis SWOT terhadap pelaksanaan peningkatan mutu di MA. Mambaul Ulum Bata-Bata, maka menunjukkan adanya kekuatan dan peluang besar dimiliki oleh pihak madrasah yang menuntutnya adanya maksimalisasi oleh pihak madrasah, terutama dalam upaya mendorong adanya SDM yang unggul dan bermutu, sehingga hal ini harus menjadi perhatian tersendiri bagi pihak madrasah agar tidak menjadi bumerang dikemudikan hari Maka dari itu sebagai saran penulis, harus ada gerakan cepat yang harus dilakukan oleh pihak MA. Mambaul Ulum Bata-Bata dalam memaksimalkan kekuatan yang dimiliki serta peluang yang terdapat di depannya supaya ancaman menjadi bumerang terhadap keberlangsungan manajemen peningkatan mutu SDM di Madrasah Aliyah Mambaul Ulum Bata-Bata.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Madrasah, Madrasah Management, Islamic Education
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 07 Sep 2013 04:09
Last Modified: 07 Sep 2013 04:09
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/32

Actions (login required)

View Item View Item