Studi komparasi hasil belajar antara metode mind mapping dengan metode ceramah pada materi pokok sistem pernapasan manusia terhadap siswa kelas VIII di MTs PI Al-Huda Tayu Pati

Richanah, Richanah (2010) Studi komparasi hasil belajar antara metode mind mapping dengan metode ceramah pada materi pokok sistem pernapasan manusia terhadap siswa kelas VIII di MTs PI Al-Huda Tayu Pati. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 3105036_Coverdll.pdf]
Preview
Text
3105036_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 3105036_Bab 1.pdf]
Preview
Text
3105036_Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 3105036_Bab 2.pdf]
Preview
Text
3105036_Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (792kB) | Preview
[thumbnail of 3105036_Bab 3.pdf]
Preview
Text
3105036_Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 3105036_Bab 4.pdf]
Preview
Text
3105036_Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 3105036_Bab 5.pdf]
Preview
Text
3105036_Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 3105036_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
3105036_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar antara metode ceramah dengan metode mind mapping pada materi pokok sistem pernapasan manusia terhadap siswa kelas VIII di MTs PI Al-Huda Tayu Pati. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Subyek penelitian sebanyak 76 responden yang terbagi atas dua kelas yaitu kelas eksperimen (38 siswa) dan kelas kontrol (38 siswa) yang menggunakan teknik cluster random sampling dengan cara mengacak seluruh peserta sebagai langkah pemilihan sampel.

Pengumpulan data menggunakan instrumen tes (multiple choice test) untuk memperoleh data tentang hasil belajar. Sebelum tes digunakan untuk menggunakan data yang obyektif dilakukan dahulu uji coba untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Selain itu digunakan metode dokumentasi untuk mengambil data nama siswa yang termasuk dalam populasi dan sampel penelitian.

Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan hipotesisnya menggunakan analisis uji t. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar biologi siswa materi pokok sistem pernapasan manusia, berdasarkan rata-rata nilai hasil belajar kelompok eksperimen (metode mind mapping) pre-test adalah 64,42 dan post-test adalah 76,5 dan rata-rata nilai hasil belajar kelompok kontrol (metode ceramah) pre-test adalah 63,95 dan post-test adalah 67,32. Sehingga diketahui ada perbedaan hasil belajar antara metode mind mapping dengan metode ceramah.

Berdasarkan uji hipotesis menunjukkan bahwa t hitung > t tabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, terlihat bahwa hasil belajar kedua kelompok tersebut berbeda secara signifikan atau nyata. Dari hasil tes yang telah dilakukan diperoleh rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen pre-test adalah 64,42 dan post-test adalah 76,5. sedangkan kelompok kontrol pre-test adalah 63,95 dan post-test adalah 67,32, Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji perbedaan rata-rata pihak (uji t-test) yaitu pihak kanan diperoleh t hitung = 2,981. dan t tabel adalah 1,99. karena t hitung > t tabel, maka Ho ditolak, terlihat bahwa hasil belajar kedua kelompok berbeda secara nyata. Maka dapat dikatakan bahwa pembelajaran pada kelompok eksperimen dan kontrol tidak identik atau tidak sama. Maka dapat dikatakan bahwa metode mind mapping lebih baik dari metode ceramah untuk meningkatkan hasil belajar biologi materi pokok sistem pernapasan manusia terhadap siswa kelas VIII di MTs PI Al-Huda Tayu Pati

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Metode Mind Mapping; Metode Ceramah; Sistem Pernapasan Manusia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 574 [Unassigned -- Dahulu Biology-Edisi 20]
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 31 Dec 2014 09:46
Last Modified: 24 May 2021 04:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3206

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics