Model pembelajaran konstruktivistik jenis belajar mandiri (mind mapping) dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PAI materi pokok iman kepada Kitab-kitab Allah kelas VIII semester ganjil tahun ajar 2010-2011 di SMP N I Bulu Rembang

Chasanah, Faridah Nur (2010) Model pembelajaran konstruktivistik jenis belajar mandiri (mind mapping) dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PAI materi pokok iman kepada Kitab-kitab Allah kelas VIII semester ganjil tahun ajar 2010-2011 di SMP N I Bulu Rembang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 3105387_Coverdll.pdf]
Preview
Text
3105387_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 3105387_Bab1.pdf]
Preview
Text
3105387_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 3105387_Bab2.pdf]
Preview
Text
3105387_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 3105387_Bab3.pdf]
Preview
Text
3105387_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 3105387_Bab4.pdf]
Preview
Text
3105387_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 3105387_Bab5.pdf]
Preview
Text
3105387_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (15kB) | Preview
[thumbnail of 3105387_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
3105387_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMP N I Bulu Rembang. Penelitian ini merupakan studi tindakan kelas (Classroom Action Research) pada siswa kelas VIII SMP N I Bulu Rembang yang berjumlah 35 siswa.
Dari hasil observasi awal pada tahap pra siklus di kelas VIII, dapat diketahui bahwa metode pembelajaran yang digunakan oleh guru mapel di kelas masih belum mencerminkan pembelajaran aktif, yaitu siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru dan guru berfungsi sebagai penceramah, akibatnya siswa menjadi jenuh, mereka cenderung malas dan tidak fokus lagi pada proses pembelajaran, hal ini dibuktikan dengan nilai hasil belajar yang masih rendah.
Setelah dilaksanakan tindakan melalui model pembelajaran konstruktivistik jenis belajar mandiri , dan penerapan teknik ini dilaksanakan secara bersama-sama oleh semua pihak yang terlibat di dalam pembelajaran, maka
suasana kelas menjadi lebih aktif, siswa menjadi lebih bersemangat dalam proses pembelajaran dan memperoleh nilai hasil belajar yang memuaskan.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap pra siklus nilai rata-rata hasil belajar 70,86 dengan krtuntasan klasikal 40%, dari 35 siswa, hanya 14 siswa yang tuntas belajar. Setelah dilaksanakan tindakan awal pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 75,42 dengan ketuntasan klasikal 74,28%, dalam tindakan siklus I ini, masih terdapat 9 siswa yang belum tuntas belajar. Setelah diadakan evaluasi tindakan, maka pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata 83,85 dengan ketuntasan klasikal 100%, dari tindakan siklus II ini, semua siswa dinyatakan tuntas belajar.
Dari tiga tahap tersebut jelas terjadi peningkatan hasil belajar sebelum dan
sesudah diterapkannya model pembelajaran konstruktivistik jenis belajar mandiri.
Dalam penelitian ini, penerapan model pembelajaran konstruktivistik jenis belajar mandiri secara kolektif melibatkan semua pihak di dalam kelas, baik guru, siswa, maupun sarana dan prasarana yang menunjang terjadinya pembelajaran, hal tersebut merupakan bukti konkrit bahwa segala bentuk proses kegiatan belajar mengajar akan terlaksana dengan baik apabila semua pihak saling mendukung

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Drs. Abdul Wahid, M.Ag.; Drs. Karnadi Hasan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Mind Mapping; Pendidkkan Agama Islam (PAI); Hasil Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 05 Jan 2015 05:48
Last Modified: 05 Jan 2015 05:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3221

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics