Upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Fisika melalui model pembelajaran kooperatif tipe team games turnament (TGT) materi pokok usaha dan energi kelas VIII MTs Manbail Futuh 2 Bancar Tuban tahun ajaran 2009/2010

Minnati, Laili Fathil (2010) Upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Fisika melalui model pembelajaran kooperatif tipe team games turnament (TGT) materi pokok usaha dan energi kelas VIII MTs Manbail Futuh 2 Bancar Tuban tahun ajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3105406_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105406_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105406_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105406_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105406_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105406_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105406_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan pembaharuan dalam peningkatan kreativitas mengajar guru dalam pengelolaan proses pembelajaran fisika di sekolah menengah pertama (SMP/MTs) sebagai respon semakin melemahnya kualitas belajar siswa. Dalam kegiatan pembelajaran, materi pembelajaran tidak kontekstual dan kinerja siswa rendah, baik pada proses maupun produk belajarnya. Sebagian guru masih melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran secara tradisional. Permasalahan dalampenelitian ini adalah apakah melalui penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran fisika pada materi pokok usaha dan energi ? sedangkan tujuan penelitian ini adalah melalui penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) motivasi belajar siswa dalam pembelajaran fisika pada materi pokok usaha dan energi dapat ditingkatkan. Kemudian dalam proses pembelajaran dilakukan dengan melalui lima komponen utama dalam TGT yaitu : penyajian kelas, kelompok (Teams), permainan (Games), turnamen, penghargaan kelompok ( teams recognize). Peneltian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan PTK, yaitu : perencanaan,pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Manbail Futuh 2 Bancar Tuban. Hasil penelitian dari siklus I ke siklus II, menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik. Motivasi siswa meningkat dari 23,33% menjadi 61,79% pada siklus I, dan 61,79% menjadi 74,38% pada siklus II. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan secara Keseluruhan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajran fisika.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Pembelajaran Kooperatif; Team Games Tournament (TGT); Motivasi Belajar; Fisika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika
Additional Information: Pembimbing: Wenty Dwi Yuniarti, S.Pd., M.Kom.; Achmad Hasmi Hasona, MA.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 05 Jan 2015 07:48
Last Modified: 05 Jan 2015 07:48
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3222

Actions (login required)

View Item View Item