Pendidikan kecerdasan spiritual di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) Nurul Islam Ringinwok Ngaliyan Semarang

Marsono, Hadi (2010) Pendidikan kecerdasan spiritual di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) Nurul Islam Ringinwok Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3105074_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105074_Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105074_Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105074_Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105074_Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105074_Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105074_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Indikator cerdas spiritual di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) Nurul Islam Ringinwok Ngaliyan Semarang, (2) Metode membangun kecerdasan spiritual pada siswa di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) Nurul Islam Ringinwok Ngaliyan Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan pola pikir induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Kecerdasan Spiritual Di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) Nurul Islam Ringinwok Ngaliyan Semarang telah terprogram cukup baik. Pendidikan Kecerdasan Spiritual di Madrasah ini merupakan proses usaha untuk membentuk pribadi peserta didik yang sesuai dengan ajaran agama islam yakni menjadi hamba yang saleh pribadi dan saleh sosial. Pribadi yang mampu menjalani kehidupan dengan semangat keikhlasan yang tinggi dan komitmen yang kuat untuk memberi dan melayani sesama. Pendidikan Kecerdasan Spiritual di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) Nurul Islam Ringinwok Ngaliyan Semarang dapat mengarahkan para siswanya untuk memiliki kecerdasan spiritual yang tinggi, kuat, dan kokoh sehingga tidak mudah terjerumus ke dalam jurang kenistaan yang jauh dari norma dan nilai-nilai yang telah digariskan oleh agama Islam. Nilai-nilai spiritual yang telah terpatri dalam hatinya tersebut selanjutnya akan menjadi pedoman dan motivasi dalam menjalankan segala bentuk aktifitas kehidupannya di tengah-tengah masyarakat sebagai makhluk sosial sekaligus konsekuensi akan penghambaan diri kepada Allah SWT. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi pemerhati pendidikan, terutama bagi para pembina (guru), orang tua, dan masyarakat dalam rangka menanamkan nilai-nilai spiritual islam terhadap pribadi anak.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Spiritual; Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: H. Abdul Wahid, M. Ag.; H. Abdul Wahib, M.Ag.
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 05 Jan 2015 08:03
Last Modified: 05 Jan 2015 08:03
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3225

Actions (login required)

View Item View Item