Problematika metode pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII MTs Nurul Huda Banyuputih Batang

Tabi’in, Tabi’in (2010) Problematika metode pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII MTs Nurul Huda Banyuputih Batang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 63111003_Coverdll.pdf]
Preview
Text
63111003_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of 63111003_Bab1.pdf]
Preview
Text
63111003_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 63111003_Bab2.pdf]
Preview
Text
63111003_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of 63111003_Bab3.pdf]
Preview
Text
63111003_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 63111003_Bab4.pdf]
Preview
Text
63111003_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 63111003_Bab5.pdf]
Preview
Text
63111003_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 63111003_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
63111003_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (22kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Nurul Huda Banyuputih Batang, bagaimana problematika Metode pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan upaya pemecahannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan: 1). Observasi yaitu untuk mengetahui proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Nurul Huda Banyuputih Batang. 2). Interview yaitu untuk mengetahui tentang berbagai informasi yang berhubungan dengan pelaksanaan proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Nurul Huda Banyuputih Batang. Selain itu interview juga digunakan untuk mengetahui problematika yang dihadapi pada pengunaan Metode pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Nurul Huda Banyuputih Batang serta upaya pemecahannya. 3). Dokumentasi yaitu untuk memperoleh data yang berhubungan dengan kondisi pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berupa jadwal pembelajaran, rencana pembelajaran serta dokumen lain yang berhubungan dengan penelitian ini.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika metode pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang ada di MTs Nurul Huda Banyuputih Batang kelas VIII A, VIII B dan VIII C diwujudkan dalam kelima komponen yang saling mempengaruhi yaitu tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, guru dan siswa. Komponen tersebut dirancang dan diarahkan agar dalam pelaksanaannya siswa aktif dalam pembelajarannya. Pada pelaksanaan pembelajaran yang terjadi di kelas VIII A, kelas VIII B dan VIII C secara umum metode yang diterapkan adalah metode ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan atau resitasi. Sedangkan media yang digunakan adalah papan tulis, media gambar berupa peta dan tokoh Islam
Pada praktiknya pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam masih memiliki problematika yang terjadi saat pelaksanaan pembelajaran di kelas. Di antaranya yang muncul adalah metode yang kurang bervariasi, media yang kurang mendukung serta keadaan lingkungan yang mempengaruhi proses pembelajaran. Upaya yang dilakukan guru di antaranya dengan tidak hanya menggunakan strategi pembelajaran ekspositori saja akan tetapi juga pembelajaran inkuiri dan kooperatif digunakan agar siswa berperan aktif dalam pembelajaran yang sehingga tidak menganggap bahwa Sejarah Kebudayaan Islam adalah materi yang membosankan karena bersifat cerita saja ketika diajarkan kepada siswa.
Dari hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan bahan masukan bagi mahasiswa, tenaga pendidik, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan terutama di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Fatah Syukur NC, M.Ag.; Ahwan Fanani, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 05 Jan 2015 08:08
Last Modified: 05 Jan 2015 08:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3228

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics