Peran manajemen perpustakaan dalam peningkatan mutu lembaga pendidikan Islam (studi di Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Surakarta)

Rosyadi, Imron (2010) Peran manajemen perpustakaan dalam peningkatan mutu lembaga pendidikan Islam (studi di Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Surakarta). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3105088_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105088_Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105088_Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105088_Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105088_Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105088_Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105088_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (37kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1). Mengetahui bagaimana manajemen perpustakaan di Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Surakarta 2). Mengetahui peran manajemen perpustakaan Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Surakarta dalam peningkatan mutu lembaga pendidikan Islam. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif analisis, karena penelitian ini dapat dipandang sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati.. Adapun untuk mengumpulkan datanya menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, dokumentasi, dan wawancara/interview. Metode observasi digunakan untuk memperoleh data tentang manajemen perpustakaan PPMI Assalaam Surakarta. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang keadaan perpustakaan, jumlah koleksi bahan pustaka, sarana dan prasarana perpustakaan. Sedangkan metode wawancara/interview digunakan untuk memperoleh data tentang tanggapan/pendapat mengenai keadaan perpustakaan PPMI Assalaam Surakarta, pengembangannya serta sejauh mana manajemennya sehingga memberikan konstribusi berharga dalam peningkatan mutu pesantren. Hasil penelitian menunjukan bahwa; setiap lembaga pendidikan, khususnya pesantren dan madrasah harus memiliki perpustakaan. Hal ini mengingat pentingnya perpustakaan sampai diibaratkan sebagai “jantung pendidikan” dan mempunyai peranan yang penting dalam prose belajar mengajar. Secara keseluruhan keadaan perpustakaan PPMI Assalaam Surakarta sudah memenuhi standar perpustakaan yang baik. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan, diantaranya adalah penambahan refrensi sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, penambahan sarana dan prasarana, peningkatan sumber daya manusia. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat diketahui bahwa manajemen perpustakaan PPMI Assalaam Surakarta sudah baik. Hal ini salah satunya disebabkan oleh pengelolaan perpustakaan yang menggunakan prinsip-prinsip manajemen, yang meliputi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pergerakan (actuating), pemberdayaan (empowering), motivasi (motivating), fasilitas (facilitating), pengendalian (controlling), dan evaluasi (evaluating). Perencanaan (planning) ditunjukkan dengan menentukan program kerja dan menentukan tenaga yang professional; pengorganisasian (organizing) ditunjukkan dengan membagi tugas dan fungsi kepada masing-masing unit kerja perpustakaan; pergerakan (actuating) ditunjukkan dengan kegiatan layanan di perpustakaan, meliputi layanan peminjaman/sirkulasi dan administrasi; pemberdayaan (empowering) ditunjukkan dengan cara mengoptimalkan SDM perpustakaan, mengoptimalkan sarana dan prasarana perpustakaan, dan mengoptimalkan pengguna/customer perpustakaan; motivasi (motivating), ditunjukkan dengan cara kepala perpustakaan melakukan sacara rutin (harian) lewat pertemuan. Ada sistem penghargaan bagi pustakawan yang paling rajin, dan ada teguran bagi pustakawan yang lupa/melalaikan tugasnya; fasilitas (facilitating) dalam hal ini perpustakaan PPMI Assalaam Surakarta membuka diri kepada pustakawan dan para pengguna perpustakaan dengan cara polling, dengan cara ini perpustakaan PPMI Assalam mengetahui keinginan dan harapan para pustakawan dan pengguna perpustakaan PPMI Assalaam. Untuk pustakawan perpustakaan PPMI Assalaam difasilitasi komputer untuk entri data dan pelayanan sirkulasi; pelatihan penguasaan alat-alat dan lain-lain; pengendalian (controlling), ditunjukkan dengan peran pengelola perpustakaan dalam menertibkan pemakai jasa perpustakaan; dan evaluasi (evaluating) ditunjukkan dengan Evaluasi yang dilakukan secara periodik, yaitu mingguan, semesteran, dan tahunan. Untuk evaluasi mingguan dilakukan dengan cara mengevaluasi diri apakah selama satu minggu apa yang telah kita kerjakan sesuai dengan program yang telah direncanakan. Kalau belum sesuai dibenahi diri para pustakawan dan berusaha untuk menjadi lebih baik. Manajemen perpustakaan dalam rangka peningkatan mutu pesantren diantaranya melalui penyediaan tenaga pengelola yang profesional di bidang ilmu perpustakaan, penyediaan bahan pustaka yang lengkap, dan layanan peminjaman yang memadai dan memuaskan bagi pengunjung. Selain itu perpustakaan PPMI Assalaam Surakarta juga sudah dimanfaatkan untuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), tempat membaca siswa di waktu istirahat, serta digunakan sebagai tempat berdiskusi bersama. Berdasarkan penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengembangan perpustakaan pesantren/sekolah khususnya pada lembaga pendidikan Islam baik negeri maupun swasta. Hal ini dikarenakan belum semua perpustakaan pesantren/sekolah dapat menyelenggarakan perpustakaan dengan baik. Pengelolaan perpustakaan dengan sistem manajemen yang professional akan menjadikan perpustakaan sebagai tempat yang syarat informasi yang diperlukan oleh santri/siswa dan guru.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen Perpustakaan; Mutu Lembaga Pendidikan Islam; Pondok Pesantren Modern
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences > 025 Library operations
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Fatah Syukur, M.Ag.; Drs. Wahyudi, M.Pd.
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 05 Jan 2015 08:09
Last Modified: 05 Jan 2015 08:09
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3229

Actions (login required)

View Item View Item