Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Fiqih melalui kombinasi metode everyone is a teacher here dengan team quiz (studi tindakan di kelas VII MTs NU 20 Kangkung Kendal)

Supriyadi, Fajar Agus (2010) Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Fiqih melalui kombinasi metode everyone is a teacher here dengan team quiz (studi tindakan di kelas VII MTs NU 20 Kangkung Kendal). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 3105106_Coverdll.pdf]
Preview
Text
3105106_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 3105106_Bab 1.pdf]
Preview
Text
3105106_Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 3105106_Bab 2.pdf]
Preview
Text
3105106_Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 3105106_Bab 3.pdf]
Preview
Text
3105106_Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 3105106_Bab 4.pdf]
Preview
Text
3105106_Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 3105106_Bab 5.pdf]
Preview
Text
3105106_Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of 3105106_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
3105106_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian nu bertujuan untuk mengetahui : (1) Penerapan kombinasi antara metode everyone is a teacher here dengan team quiz dalam pembelajaran fiqih di kelas VII A MTs NU 20 Kangkung Kendal (2) Apakah pembelajaran fiqih dengan kombinasi metode everyone is a teacher here dengan team quiz, dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas VII A MTs NU 20 Kangkung Kendal
Penelitian nu menggunakan studi tindakan (action research) pada siswa kelas VII MTs NU 20 Kangkung Kendal. Dari hasi7 observasi secara langsung di kelas VII A melalui pra siklus penelitian tindakan dapat diketahui metode yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran fiqih yang belum sepenuhnya mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi sate arah artinya siswa cenderung pasif dalam pembelajaran hal ini dapat dilihat dari kesiapan dan keaktifan pada saat pembelajaran berlangsung, hal ini juga tampak dengan adanya hasil belajar yang belum maksimal artinya belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Kesiapan dalam pembelajaran dan keaktifan siswa menggambarkan motivasi untuk mengikuti pembelajaran. Obyek penelitian ini adalah di MTs NU 20 Kangkung Kendal dengan Jumlah keseluruhan siswa adalah 367 siswa, yang terdiri dari kelas VII A 37 siswa, kelas VII B 36 siswa, kelas VII C 38 kelas VIII 129 siswa, kelas IX 127 siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan satu kelas untuk menerapkan kombinasi metode everyone is a teacher here dengan team quiz yaitu kelas VII A yang jumlahnya ada 37 siswa.
Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran dengan kombinasi metode everyone is a teacher here dan team quiz dengan menciptakan suasana pembelajaran aktif maka suasana kelas menjadi hidup, siswa menjadi termotivasi dalam belajar dan berdampak terhadap hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap pra siklus, siklus i dan siklus 2. Pada tahap pra siklus motivasi belajar siswa mempunyai prosentase 61 % dan rata-rata tes akhir 63.94. Pada siklus 1 setelah dilaksanakan tindakan, motivasi belajar siswa meningkat menjadi 68,57 dan rata rata tes akhir 66.43. Sedangkan pada siklus 2 setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan pada siklus 2 motivasi belajar mengalami peningkatan yang dapat diprosentasekan menjadi 77,14 % dan rata rata tes akhir siswa adalah 70.81. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan sebelum diterapkan kombinasi metode everyone is a teacher here dan team quiz dengan sebelumnya. Namun dari penelitian tersebut terdapat siswa yang dan tahap pra siklus, siklus pertama dan kedua mempunyai nilai skor tes akhir dibawah kriteria ketuntasan minimal, hal mi disebabkan karena beberapa hat yaitu karena kondisi kekeluargaan yang tidak .
mendukung dan memang daya ingat atau tingkat intelektualitas maupun IQ yang rendah.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan motivasi belajar dan basil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan kombinasi metode everyone is a teacher here dan team quiz. Motivasi ini dapat dilihat dari keaktifan dan kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran.
Hasil penelitian tersebut, diharapkan dapat memberi pengetahuan kepada semua pihak (siswa, guru, orang tua) untuk dapat meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran fiqih.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Ruswan, M.A.; Ismail SM, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar; Fiqih; Metode Pembelajaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 05 Jan 2015 08:21
Last Modified: 05 Jan 2015 08:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3235

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics