Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi pokok membiasakan sikap dermawan melalui metode sosiodrama Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim desa Kedung Malang Wonotunggal Batang kelas V tahun ajaran 2009/2010

Faizah, Nur (2010) Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi pokok membiasakan sikap dermawan melalui metode sosiodrama Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim desa Kedung Malang Wonotunggal Batang kelas V tahun ajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
63111011_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111011_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111011_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111011_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111011_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111011_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111011_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (39kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan studi tindakan (action research) pada siswa kelas V MI Wahid Hasyim. Dari hasil observasi secara langsung di kelas V melalui prasiklus penelitian tindakan dapat diketahui metode yang digunakan oleh guru mata pelajaran akidah akhlak yang belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan guru cenderung masih menggunakan metode klasikal, guru menerangkan, memberi contoh lalu mengerjakan soal-soal. Sehingga mengakibatkan siswa cenderung pasif dalam pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari kesiapan dan keaktifan pada saat pembelajaran berlangsung, hal ini juga tampak dengan adanya hasil belajar yang belum optimal artinya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM=63). Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa penerapan metode sosiodrama pada materi pokok membiasakan sikap dermawan yang lebih optimal di MI Wahid Hasyim tahun ajaran 2009/2010. Dan ada peningkatan hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode sosiodrama. Setelah dilaksanakan tindakan melalui metode sosiodrama dengan menciptakan suasana pembelajaran aktif maka suasana kelas menjadi hidup, siswa menjadi aktif dan hasil belajar maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dengan tiga tahap yaitu tahap prasiklus, siklus 1 dan siklus II. Pada tahap prasiklus, ketuntasan belajar mencapai 55,26% dengan rata-rata nilai 56,58. Pada siklus 1 setelah dilaksanakan tindakan ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 65,79% dengan nilai rata-rata tes siklus 74,76. Sedangkan pada siklus II setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan pada siklus 2 ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dapat diprosentasekan menjadi 81,58% dengan rata-rata tes siklus II adalah 80,18. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkannya metode sosiodrama dengan sebelumnya. Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para civitas akademika, para tenaga pengajar khususnya mata pelajaran akidah akhlak serta mampu memberikan semangat dan sikap positif terhadap pembelajaran akidah akhlak agar senantiasa berprestasi dengan baik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Akidah Akhlak; Sosiodrama; Metode Pembelajaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: Ahwan Fanani, M.Ag.; Drs. H.Jasuri, M. Si.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 06 Jan 2015 08:16
Last Modified: 06 Jan 2015 08:16
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3239

Actions (login required)

View Item View Item