Upaya meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran PAI materi pokok ilmu tajwid melalui metode drill kelas VII G di SMP Negeri 1 Kragan, Rembang tahun pelajaran 2009-2010

Fatmawati, Uli (2010) Upaya meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran PAI materi pokok ilmu tajwid melalui metode drill kelas VII G di SMP Negeri 1 Kragan, Rembang tahun pelajaran 2009-2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 63111025_Coverdll.pdf]
Preview
Text
63111025_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (436kB) | Preview
[thumbnail of 63111025_Bab1.pdf]
Preview
Text
63111025_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (975kB) | Preview
[thumbnail of 63111025_Bab2.pdf]
Preview
Text
63111025_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of 63111025_Bab3.pdf]
Preview
Text
63111025_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 63111025_Bab4.pdf]
Preview
Text
63111025_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 63111025_Bab5.pdf]
Preview
Text
63111025_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 63111025_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
63111025_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (17kB) | Preview

Abstract

Identifikasi masalah dari penelitian ini adalah 1. Masih rendahnya minat belajar siswa yang disebabkan oleh Kurangnya perhatian siswa terhadap pembelajaran PAI khususnya dalam materi pokok ilmu tajwid, seperti siswa sering bercanda, sering melamun dan siswa sering keluar masuk kelas. 2. metode yang digunakan selalu monoton yaitu guru selalu menggunakan metode ceramah, sehingga siswa merasa bosan dalam proses belajar mengajar (PBM).
Adapun solusi yang dapat dilaksanakan yaitu: 1. memberikan motivasi dan perhatian khusus kepada siswa, sehingga akan timbul rasa ketertarikan dalam proses pembelajaran khususnya dalam materi pokok ilmu tajwid. 2. mengubah cara belajar siswa dengan menggunakan metode yang berbeda-beda, salah satu dengan menggunakan metode drill. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui dapat tidaknya metode drill dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran PAI khususnya pada materi pokok ilmu tajwid kelas VII G di SMP Negeri 1 Kragan, Rembang.
Penelitian yang digunakan penulis yaitu penelitian tindakan kelas, yang akan dilaksanakan melalui beberapa langkah hingga akhirnya penelitian itu berhasil. Adapun hasil yang diperoleh pada langkah prasiklus jumlah nilai yang diperoleh adalah 551 dengan hasil nilai rata-rata 17,22 dengan prosentase 43,04%, dari hasil pengamatan membuktikan bahwa masih kurangnya minat belajar siswa dalam pembelajaran PAI khususnya materi pokok Ilmu tajwid dengan kategori nilai masih rendah, karena nilai yang diperoleh dalam pengamatan masih dibawah KKM. Karena nilai yang diperoleh tergolong rendah, oleh karena itu perlu dilaksanakan langkah berikutnya, agar hasil yang dicapai dapat maksimal.
Langkah selanjutnya adalah siklus I dengan jumlah nilai 743, dengan hasil nilai rata-rata 23,21 hasil prosentasenya 58,04, dari hasil pengamatan membuktikan bahwa siswa sudah berminat namun minat belajar siswa tersebut belum menunjukkan secara penuh, dan nilai yang diperoleh dalam pengamatan masih dibawah KKM. Karena hasil yang diperoleh masih juga belum maksimal maka perlu dilaksanakannya kembali langkah berikutnya, agar hasil yang dicapai dapat maksimal.
Selanjutnya langkah siklus II dengan jumlah nilai 917, dan hasil nilai rata-rata 28,65, dengan prosentase 71,62%, Dan hasilnya siswa sudah berminat namun minat belajar siswa tersebut belum menunjukkan sepenuhnya, mengingat nilai yang diperoleh dalam pengamatan masih kurang dan masih di bawah KKM. Oleh karena itu, perlu dilaksanakan langkah berikutnya, agar hasil yang dicapai dapat maksimal.
Langkah siklus III jumlah nilai yang diperoleh adalah 1035, dengan rata-rata nilai 32,34, dan prosentasenya adalah 80,85%. Dari hasil pengamatan yang dilakukan melalui lembar observasi membuktikan bahwa pada langkah siklus III siswa sudah tampak bila mereka sangat berminat dalam belajarnya dan nilai yang diperoleh sudah di atas kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah ditentukan. Karena hasil yang diperoleh sudah cukup memuaskan maka pelaksanaan penelitian tindakan dihentikan, cukup sampai pada siklus III.
Dari hasil penelitian di atas membuktikan bahwa dengan menggunakan metode drill dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran PAI khususnya dalam materi pokok ilmu tajwid.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Nur Asiyah, M.S.I.; Soediyono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Ilmu Tajwid; Metode Pembelajaran; Minat Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 06 Jan 2015 09:27
Last Modified: 06 Jan 2015 09:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3251

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics