Upaya peningkatan hasil belajar siswa terhadap materi pokok binatang yang halal dan haram melalui strategi pembelajaran index card match pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII B SMPN 1 Winong Pati

Suparti, Suparti (2010) Upaya peningkatan hasil belajar siswa terhadap materi pokok binatang yang halal dan haram melalui strategi pembelajaran index card match pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII B SMPN 1 Winong Pati. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 63111038_Coverdll.pdf]
Preview
Text
63111038_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (410kB) | Preview
[thumbnail of 63111038_Bab1.pdf]
Preview
Text
63111038_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 63111038_Bab2.pdf]
Preview
Text
63111038_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 63111038_Bab3.pdf]
Preview
Text
63111038_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 63111038_Bab4.pdf]
Preview
Text
63111038_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 63111038_Bab5.pdf]
Preview
Text
63111038_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 63111038_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
63111038_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (23kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penerapan strategi pembelajaran index card match khususnya pada materi pokok binatang yang halal dan haram pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII B SMPN 1 Winong, (2) Dapat tidaknya strategi pembelajaran index card match meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B SMPN 1 Winong Pati pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya pada materi pokok binatang yang halal dan haram. Berdasarkan observasi awal, proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Winong masih belum optimal, khususnya dalam materi pokok binatang yang halal dan haram, banyak siswa yang hasil belajarnya rendah. Hal ini disebabkan karena pembelajaran Pendidikan Agama Islam lebih banyak menggunakan metode ceramah sehingga siswa cepat bosan dan pemahaman siswa terhadap materi pokok binatang yang halal dan haram kurang maksimal, akibatnya hasil belajar siswa rendah. Sehingga strategi pembelajaran index card match merupakan salah satu strategi pembelajaran yang memberikan efek rekreatif dalam pembelajaran sehingga siswa tidak bosan dan menjadi aktif, dan hasil belajar dapat meningkat.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 tahap, yaitu pra siklus, siklus I, dan siklus II. Adapun tiap siklus terdiri dari empat prosedur, yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Dengan subyek penelitian kelas VIII B SMPN 1Winong sebanyak 32 siswa. Pada tahap pra siklus, nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 69,12 dengan ketuntasan belajar klasikal 60,53%. Setelah dilaksanakan strategi pembelajaran index card match, pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 82,32 dengan ketuntasan belajar klasikal 74,19%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 93,68 dengan ketuntasan belajar klasikal 93,55%. Hal ini membuktikan bahwa melalui strategi pembelajaran index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B di SMPN 1 Winong pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi pokok binatang yang halal dan haram.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para civitas akademika, para mahasiswa, para tenaga pengajar dan semoga bisa memberikan sedikit kontribusi bagi dunia pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Hj. Nur Asiyah, M.S.I.; Drs. Jasuri, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Halal dan Haram; Hasil Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.39 Other Practices (Incl. Halal Food, Syirik, Munafiq)
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 07 Jan 2015 08:42
Last Modified: 07 Jan 2015 08:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3257

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics