Manajemen Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Mts NU Nurul Huda Mangkang Semarang

Sulaiha , Sirti (2013) Manajemen Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Mts NU Nurul Huda Mangkang Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083311025_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083311025_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083311025_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083311025_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083311025_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083311025_Bab5.pdf - Bibliography

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083311025_Bibliografi.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:Perencanaan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik, pelaksanaan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik, dampak bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik, dan evaluasi dan tindak lanjut pelaksanaan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs NU Nurul Huda Mangkang Semarang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi peneliti yang mendapatkan data bahwa manajemen bimbingan dan konseling di MTs NU Nurul Huda Mangkang Semarang berbeda dengan sekolah lain. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Analisis data yang digunakan ialah metode deskriptif analitikyaitu mendeskripsikan data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar dan bukan angka. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa:1)Perencanaan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs NU Nurul Huda Mangkang Semarang meliputi Program kerja bimbingan dan konseling, yang terdiri: Program tahunan, Program semesteran, Mid Semester, Program bulanan, Program mingguan, dan Program harian. 2) Pelaksanaan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs Nu Nurul Huda Mangkang Semarang meliputibimbingan individual dan bimbingan kelompok.3)dampak bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didikdi MTs NU Nurul Huda Mangkang Semarang yaitu dengan adanya program bimbingan dan konseling peserta didik lebih disiplin dan motivasinya meningkat, sehingga peserta didik dapat belajar dengan efektif. 4) evaluasi dan tindak lanjut pelaksanaan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs NU Nurul Huda Mangkang Semarang yaitu pelaksanaan bimbingan dan konseling dapat berjalan dengan baik, karena didukung adanya program bimbingan dan konseling seperti bimbingan individual dan bimbingan kelompok, dan adanya buku point yang berisi daftar pelanggaran dan jumlah pointnya, sehingga peserta didik lebih bisa disiplin dan acuannya dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs NU Nurul Huda Mangkang Semarang. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi, referensibagi khazanah ilmu pengetahuan dan masukan bagi sekolah MTs NU Nurul Huda Mangkang Semarang terutama pihak sekolah yang senantiasa meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar peserta didiknya, dan membentuk perilaku terpuji sebagai amaliah ibadah kepada Allah di dunia dan akhirat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan Konseling ; Motivasi Belajar ; MTs
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 29 Nov 2013 03:11
Last Modified: 29 Nov 2013 03:11
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/326

Actions (login required)

View Item View Item