Penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran bidang studi Fikih dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung kec. Gajah, kab. Demak tahun ajaran 2009/2010

Dhuka, Muh Nurud (2010) Penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran bidang studi Fikih dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung kec. Gajah, kab. Demak tahun ajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3105127_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105127_Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105127_Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105127_Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105127_Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105127_Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105127_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (22kB) | Preview

Abstract

Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk (1) Meningkatkan pelaksanaan pembelajaran bidang studi fikih dengan menggunakan metode demonstrasi dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa. (2) Mengetahui bagaimana implementasi metode demonstrasi pada pembelajaran bidang studi fikih di MTs. Tarbiyatul Mubtadiin. (3) Untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs. Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTs. Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung. Fokus yang diteliti dalam penelitian ini adalah prestasi belajar siswa. Data hasil belajar kognitif yang diperoleh dari nilai tes akhir siklus, data hasil belajar afektif diperoleh dari hasil pemahaman siswa selama belajar pada setiap siklus, sedangkan data hasil belajar psikomotorik diperoleh dari hasil observasi. Data diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa. Indikator keberhasilan penelitian ini dilihat hasil prestasi siswa mencapai ketuntasan belajar ≥ 75. Melalui post tes dan observasi sebagai instrumen penelitian, rata-rata hasil belajar kognitif siswa, yaitu 6 dari nilai awal, meningkat menjadi 6.4 Pada siklus I, meningkat menjadi 7.3 pada siklus II, dan 8.2 pada siklus III. Diikuti kenaikan klasikal 77.76% nilai awal, 83.52% siklus I, 95.04% siklus II, dan 106.2% siklus III. Rata-rata hasil belajar afektif siklus I, II, dan III berturut-turut adalah 75.54% pada siklus I, 95.75% dan 100% pada siklus II dan III. Sedangkan rata-rata hasil belajar psikomotorik pada siklus I, II, dan III berturut-turut adalah 63.81% ; 95.98% dan 100%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa mata pelajaran studi fikih materi haji dan umrah dengan menggunakan metode demonstrasi pada kelas VIII A MTs. Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung tahun ajaran 2009/ 2010 pada tindakan pembelajaran siklus I, II, dan III dapat terbukti meningkatnya prestasi belajar siswa kelas VIII A MTs. Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung, dari sebelum tindakan dan sesudah tindakan dengan pembelajaran menggunakan metode demonstrasi dengan hasil tes pada pembelajaran studi fikih pada materi haji dan umrah. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para civitas akademika, para mahasiswa, para tenaga pengajar dan semoga bisa memberikan sedikit kontribusi bagi dunia pendidikan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi; Metode Pembelajaran; Prestasi Beljar; Fikih
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: Amin Farih, M.Ag.; Drs. Mahfudz Junaidi, M.Ag.
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 07 Jan 2015 08:47
Last Modified: 07 Jan 2015 08:47
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3261

Actions (login required)

View Item View Item