Konsep menuntut ilmu dalam Serat Wulangreh pupuh Dhandhanggula karya Kanjeng Susuhunan Pakubuwana IV (dalam perspektif pendidikan Islam)

Saadah, Ulis (2010) Konsep menuntut ilmu dalam Serat Wulangreh pupuh Dhandhanggula karya Kanjeng Susuhunan Pakubuwana IV (dalam perspektif pendidikan Islam). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3105144_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105144_Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105144_Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (154kB) | Preview
[img] Text
4 File BAB 3.rtf - Accepted Version

Download (197kB)
[img]
Preview
Text
3105144_Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105144_Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105144_Bibliografhy.pdf - Bibliography

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Konsep Menuntut Ilmu dalam Serat Wulangreh Pupuh Dhandhanggula Karya Pakubuwana IV, 2. Konsep menuntut ilmu dalam serat Wulangreh pupuh Dhandhanggula dalam perspektif pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode riset perpustakaan (library research) dengan menggunakan metode analisis isi (content analisysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Konsep Menuntut Ilmu Dalam Serat Wulangreh Pupuh Dhandhanggula Karya Susuhunan Pakubuwana IV, adalah berisi tentang perintah menuntut ilmu, sumber ilmu, kriteria guru yang bisa dijadikan panutan. Perintah menuntut ilmu yang disampaikan Pakubuwana IV dimaksudkan supaya manusia dapat memahami kehidupan sehingga tidak bingung menghadapinya dan dapat mencapai kesempurnaan hidup. Terkait sumber ilmu, Pakubuwana IV sangat tegas sekali menyebutkan bahwa dalam Al-Quran tempat segala ilmu yang benar. Faktor pendidik dijelaskan hanya terkait kriteria pendidik yang baik sebagai petunjuk peserta didik dalam memilih guru. Ditinjau dalam perspektif pendidikan Islam, isi pupuh Dhandhanggula terkait pembahasan tentang menuntut ilmu yang menjadi salah satu proses pendidikan, belum begitu dijelaskan secara menyeluruh sebagaimana dalam konsep pendidikan Islam. Seperti kewajiban seorang pendidik kepada anak didiknya, etika anak didik kepada pendidiknya, meskipun begitu, Isi pupuh Dhandhanggula dalam serat Wulangreh ini, esensinya cocok untuk dilaksanakan. Sebab dalam uraian tersebut banyak segi positif yang dapat diambil manfaatnya. Seperti petunjuk untuk mencari guru yang baik dalam menuntut ilmu dan kembali pada Al-Quran sebagai sumber ilmu. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para pemerhati pendidikan serta dapat memberikan kontribusi dan menjadi hasanah keilmuan dalam membina akhlak bangsa dan mempertahankan kekayaan budaya lokal yang kaya budi luhur.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: H. Abdul Wahib, M.Ag.; Drs. H. Soediyono, M.Pd.
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 09 Jan 2015 08:14
Last Modified: 09 Jan 2015 08:14
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3266

Actions (login required)

View Item View Item