Upaya meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran Fiqih kelas VIII semester ganjil materi pokok Zakat melalui perpaduan model pembelajaran everyone is a teacher here dan team quiz di MTs Uswatun Hasanah tahun ajaran 2010/2011

Romzanah, Romzanah (2010) Upaya meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran Fiqih kelas VIII semester ganjil materi pokok Zakat melalui perpaduan model pembelajaran everyone is a teacher here dan team quiz di MTs Uswatun Hasanah tahun ajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
63111108_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111108_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111108_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111108_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111108_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111108_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111108_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (20kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model Pembelajaran everyone is a teacher here dan team quiz dapat meningkatkan keaktifan peserta didik pada materi pokok zakat semester ganjil kelas VIII MTs Uswatun Hasanah Mangkang Tugu Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Adapun dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode interview (wawancara), dokumentasi, angket, dan observasi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan satu kelas untuk menerapkan perpaduan model pembelajaran everyone is a teacher here dan team quiz yaitu kelas VIII yang jumlahnya ada 30 peserta didik. Pelaksanaan penelitian dibagi dalam empat siklus yaitu pra siklus, siklus I, siklus II, dan siklus III. Pada pra siklus, keaktifan belajar peserta didik diperoleh hasil observasi dan nilai angket dari peserta didik. Pada siklus I, silkus II dan siklus III terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pra siklus diperoleh rata-rata 50,7 dari hasil angket peserta didik dan hasil observasi keaktifan belajar rata-rata 49,37%. Setelah dilakukan siklus I peserta didik yang aktif belajar sebanyak 9 peserta didik atau 64,34.% dan yang tidak aktif belajar sebanyak 21peserta didik atau 46,62%. Nilai rata-rata kelas yang dicapai sebesar 52,8 %. Secara garis besar pelaksanaan pembelajaran siklus I masih perlu diperbaiki agar terjadi peningkatan keaktifan peserta didik, sesuai dengan indikator keberhasilan yang diharapkan yakni nilai rata-rata kelas ≥75 Pada siklus II peserta didik yang aktif belajar sebanyak 23 peserta didik atau 66.08% dan yang tidak aktif belajar sebanyak 7 peserta didik atau 51,78%. Nilai rata-rata kelas yang dicapai sebesar 64,7 %. Sehingga pelaksanaan pembelajaran siklus II masih perlu diperbaiki agar terjadi peningkatan karena belum mencapai indikator pencapaian yaitu >75. Pada silkus III peserta didik yang aktif belajar sebanyak 29 peserta didik atau 76,06 % dan yang tidak aktif belajar sebanyak 1 peserta didik atau 54,1%. Nilai rata-rata kelas yang mencapai sebesar 76,08 %. Hasil pada siklus III menunjukkan peningkatan daripada siklus sebelumnya dengan indikator keberhasilan sudah terpenuhi. Dari hasil tersebut disimpulkan dengan penerapan model Pembelajaran everyone is a teacher here dan team quiz dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik MTs Uswatuh Hasanah mangkang Wetan kelas VIII semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011 pada materi pokok zakat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Fiqih; Model Pembelajaran; Keaktifan Belajar; Zakat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: Ahwan Fanani, M.Ag.; Siti Mariam, M.Pd.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 10 Jan 2015 01:29
Last Modified: 10 Jan 2015 01:29
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3286

Actions (login required)

View Item View Item