Upaya meningkatkan kecerdasan emosional dalam pembelajaran PAI aspek akhlak melalui metode kisah kelas IV SDI Al-Azhar 29 Semarang.

Ulya, Nailil Haidarotul Millah (2010) Upaya meningkatkan kecerdasan emosional dalam pembelajaran PAI aspek akhlak melalui metode kisah kelas IV SDI Al-Azhar 29 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
63111121_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111121_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111121_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111121_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111121_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111121_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111121_BIbliografi.pdf - Bibliography

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan peserta didik dalam mata pelajaran PAI pada aspek akhlak dengan materi pokok sifat-sifat terpuji dengan menggunakan metode kisah kelas SDI Al-Azhar 29 Semarang. Berdasarkan observasi awal, proses pembelajaran PAI di SDI Al-Azhar 29 Semarang khususnya kelas IV masih belum optimal dalam meningkatkan kecerdasan emosional. Hal ini dibuktikan dengan guru yang masih menggunakan metode yang belum tepat dan mengarah pada peningkatan kecerdasan emosional sehingga kurang adanya respon peserta didik secara emosional tentang materi yang disampaikan. Akibatnya peserta didik pasif dan kurang mampu mengoptimalkan kecerdasan emosionalnya. Metode kisah merupakan salah satu metode pembelajaran yang menggunakan pendekatan emosional sehingga mampu meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik dalam pembelajaran. Dengan meningkatnya kecerdasan emosional, peserta didik dalam pembelajaran tidak hanya mengasah kemampuan intelektualnya saja tetapi juga meningkatkan kecerdasan emosionalnya. Dalam hal ini permasalahan yang diajukan adalah apakah penerapan metode kisah mampu meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik, Adapun untuk menggambarkan kecerdasan emosional peserta didik dilihat dari hasil angket dan aktivitas peserta didik pada saat berlangsungnya pembelajaran. Pengumpulan data ini dengan menggunakan metode observasi dan angket. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif non statistik. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 tahap yaitu pra siklus, siklus I dan siklus 2. Adapun tiap siklus terdiri dari empat prosedur yaitu Perencanaan (Planning), Pelaksanaan tindakan (Acting), Observasi (Observing) dan Refleksi (Reflecting). Dengan subjek penelitian kelas IVA SDI Al-Azhar 29 Semarang sebanyak 25 peserta didik. Pada tahap pra siklus peneliti mengadakan pengamatan sekaligus menyebarkan angket. Pada saat proses pembelajaran PAI aspek akhlak dengan materi pokok sifat-sifat terpuji sebelum menggunakan metode kisah. Pada tahap pra siklus dari jawaban angket kecerdasan emosional peserta didik mempunyai prosentase 65,40 %. Pada siklus I prosentasenya 72,84 %, pada siklus 2 prosentase naik menjadi 76,92 %. Sedangkan dari observasi prosentase pada pra siklus adalah 57,5%. Pada siklus I setelah dilaksanakan tindakan kecerdasan emosional peserta didik meningkat 72,5 %. Sedangkan pada siklus 2 setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan pada siklus 2 kecerdasan emosional mengalami peningkatan yaitu 77,5%. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan sesudah diterapkan metode kisah dengan sebelumnya. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan kecerdasan emosional dalam mengikuti pembelajaran dengan metode kisah. Kecerdasan emosional ini dapat dilihat dari pengelolaan emosi diri dalam kelas, memotivasi diri dalam mengikuti pembelajaran serta hubungan sosial dalam kelas maupun di luar kelas dan hasil angket.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional; Akhlak; Metode Pembelajaran; Metode Cerita
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: Alis Asikin, M.A.; Hj. Lift Anis Ma’sumah, M.Ag.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 10 Jan 2015 01:32
Last Modified: 10 Jan 2015 01:32
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3288

Actions (login required)

View Item View Item