Respon Siswa dan Guru terhadap Peraturan Keagamaan di SMK Muhammadiyah 6 Gemolong Kabupaten Sragen

Yusri, Muhammad (2010) Respon Siswa dan Guru terhadap Peraturan Keagamaan di SMK Muhammadiyah 6 Gemolong Kabupaten Sragen. Masters thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
Yusri_Tesis_Sinopsis.pdf - Submitted Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Yusri_Tesis_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Yusri_Tesis_Bab1.pdf - Submitted Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Yusri_Tesis_Bab2.pdf - Submitted Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Yusri_Tesis_Bab5.pdf - Submitted Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Yusri_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Pembentukan disiplin dan perilaku bagi siswa dan guru merupakan kegiatan yang mesti dilakukan secara terus-menerus dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. Pembentukan perilaku bagi siswa dan guru SMK Muhammadiyah 6 Gemolong Sragen ini dibentuk melalui peraturan keagamaan dengan tujuan membetuk perilaku siswa dan guru yang meliputi disiplin, moralitas dan tanggung jawab. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif, maka pengumpulan data dalam penelitian ini, menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang diperlukan ada dua, yaitu sumber data primer dan sumber data skunder, sedangkan untuk menganalisa data, penulis menggunakan metode diskriftif analitik, yaitu menyusun data-data kemudian mendiskripsikan dan menginterpretasikan secara faktual dan akurat mengenai fakta-fakta yang ada. Langkah-langkah dalam melaksanakan analisis data kualitatif meliputi: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa dan guru di SMK Muhammadiyah 6 Gemolong Kabupaten Sragen. Sesuai dengan tujuan, penelitian ini melibatkan seluruh siswa SMK Muhammadiyah 6 Gemolong Sragen yang berjumlah 681 siswa dan guru sebanyak 53 orang sebagai informan. Namun, dari keseluruhan informan tersebut kemudian diambil sebagiannya untuk dijadikan sampel penelitian, yakni kelas X sebanyak 25 siswa, kelas XII sebanyak 19 siswa dan kelas XII sebanyak 24 siswa serta seluruh guru sebanyak 53. Adapun peraturan keagamaan itu meliputi: mengawali dan mengakhiri pelajaran dengan doa bersama dan dilanjutkan tadarus al-Qur’an yang dibimbing oleh guru, menggiatkan shalat dhihur berjamaah, membudayakan salam dan jabat tangan saat bertemu, kegiatan Jum’at bersih, kegiatan shalat jum’at, kegiatan pengajian bulanan khusus guru dan karyawan, kegiatan bulan Ramadhan, pengumpulan zakat fitrah serta penyalurannya, kegiatan Idul Adha. Secara keseluruhan respon siswa dan guru terhadap peraturan keagamaan di SMK Muhammadiyah 6 Gemolong Sragen sangat positif. Hal ini diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Adapun hasilnya antara lain: siswa dan guru tambah memiliki wawasan agama yang luas, siswa dapat membaca Al-Qur’an dengan baik, siswa dan guru memiliki kedisiplinan dan kesadaran yang baik dalam melaksanakan peraturan keagamaan. Oleh karena itu peraturan keagamaan di SMK Muhammadiyah 6 Gemolong Sragen ini dapat dijadikan sarana untuk mengontrol aplikasi keagamaan siswa dan guru, terutama di sekolah. Dengan demikian siswa dan guru diharapkan dapat melaksanakan ritual keagamaannya dengan baik dan teratur di manapun mereka berada.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Peraturan Keagamaan; Siswa dan Guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 29 Nov 2013 03:56
Last Modified: 29 Nov 2013 03:56
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/330

Actions (login required)

View Item View Item