Motivasi Belajar dan Strategi Motivasional dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa SMA Negeri 1 Grobogan

Musta'in, Musta'in (2010) Motivasi Belajar dan Strategi Motivasional dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa SMA Negeri 1 Grobogan. Masters thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Mustain_Tesis_Sinopsis.pdf]
Preview
Text
Mustain_Tesis_Sinopsis.pdf - Submitted Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of Mustain_Tesis_Cover.pdf]
Preview
Text
Mustain_Tesis_Cover.pdf - Cover Image

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of Mustain_Tesis_Bab1.pdf]
Preview
Text
Mustain_Tesis_Bab1.pdf - Submitted Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of Mustain_Tesis_Bab2.pdf]
Preview
Text
Mustain_Tesis_Bab2.pdf - Submitted Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of Mustain_Tesis_Bab5.pdf]
Preview
Text
Mustain_Tesis_Bab5.pdf - Submitted Version

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of Mustain_Tesis_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
Mustain_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Tesis ini merupakan penelitian kualitatif, yakni penelitian yang tidak didasarkan pada angka-angka. Analisis data penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis, yaitu dengan mendeskripsikan kondisi sesungguhnya tentang motivasi belajar dan strategi memotivasi siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Grobogan. Untuk memperoleh data dalam penelitian, digunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi melalui sumber data primer maupun sekunder, kemudian dilakukan analisis secara tajam dan mendalam tentang motivasi dan strategi memotivasi siswa.
Ada dua permasalahan yang diangkat dalam tesis ini, yaitu: pertama bagaimana motivasi siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri I Grobogan? kedua bagaimana strategi guru memotivasi siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri I Grobogan?
Dari kedua permasalahan tersebut dapat ditemukan problematika yang terjadi dalam upaya penerapan strategi motivasional, dan solusi pemecahannya (problem solving).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, motivasi siswa SMA Negeri 1 Grobogan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, mayoritas dapat dikategorikan kurang, hal demikian dapat dicermati dari sebagian besar indikator-indikator yang ada masih jauh dari yang seharusnya seperti ; hasrat dan keinginan untuk berhasil dalam bidang Agama Islam, dorongan siswa dan kebutuhan dalam belajar, harapan dan cita-cita masa depan, penghargaan dalam belajar, kegiatan yang menarik dalam belajar, lingkungan belajar siswa yang kondusif.
Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa pada Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Grobogan, dikelompokkan menjadi 2,(dua), yaitu; (1) Faktor yang mendukung dan (2) Faktor yang menghambat. Faktor yang mendukung motivasi siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam meliputi; pertama guru; guru Agama Islam di SMA Negeri 1 Grobogan cukup memenuhi kualifikasi, meskipun masih harus meningkatkan kompetensi dan profesionalitasnya, kedua prasarana; dari segi prasarana yang dimiliki SMA Negeri 1 Grobogan cukup untuk dimanfaatkan dalam mendukung motivasi belajar siswa, ketiga tersedianya banyak pilihan kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan Pendidikan Agama Islam.
Faktor yang menghambat motivasi siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Grobogan meliputi; pertama kurikulum; isi materi/materi pokok Pendidikan Agama Islam yang dirasakan terlalu banyak atau luas bahasan/cakupannya, kedua sarana; khususnya sumber belajar berupa buku-buku paket Pendidikan Agama Islam atau buku-buku referensi yang relevan masih jauh dari memadai, ketiga banyaknya siswa dalam satu kelas dan tingginya tingkat heteroginitas, keempat rendahnya dukungan keluarga siswa pada keberhasilan di bidang Pendidikan Agama Islam, kelima sikap dan perlakuan yang tidak seimbang dari para penentu kebijakan di bidang pendidikan antara bidang studi yang diUNASkan dengan yang tidak diUNASkan.
Untuk menyederhanakan faktor yang menghambat tersebut di antaranya; pertama guru Pendidikan Agama Islam dapat memilih dan menentukan dari beberapa alternatif strategi untuk memotivasi siswa dalam proses pembelajaran, antara lain; 1) memberi angka, 2) memberi hadiah (reward), 3) mendorong siswa berkompetisi secara sehat, 4) menumbuhkan kesadaran betapa pentingnya tugas dan menerimanya sebagai tantangan, 5) memberikan ulangan, 6) memberitahukan hasil belajar, 7) memberi pujian pada waktu yang tepat, 8) memberikan hukuman secara edukatif, 9) menumbuhkan hasrat untuk belajar, 10) membangkitkan minat, 11) merumuskan tujuan yang diakui dan diterima.
Kedua adanya kekurangan sarana pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang berupa alat peraga seperti LCD pembelajaran dan buku-buku paket, buku-buku referensi siswa, maka guru Pendidikan Agama Islam, harus meningkatkan kreativitas, dengan membuat modul yang dapat digunakan oleh siswa secara maksimal, CD pembelajaran, dan alat peraga sendiri secara sederhana sesuai kondisi sekolah.
Ketiga secara bertahap sekolah harus memperhatikan kekurangan sumber belajar Pendidikan Agama Islam pada khususnya dan mata pelajaran lain pada umumnya, yaitu dengan meningkatkan anggaran untuk pemenuhan sumber belajar tersebut, termasuk mengalokasikan dana untuk meningkatkan kegiatan MGMP baik tingkat sekolah maupun tingkat Kabupaten, agar dapat berfungsi secara efektif, berdaya guna dan berhasil guna.
Keempat harus ada kemauan dan sikap yang bijak serta perlakuan yang seimbang dari pemerintah terhadap semua bidang studi termasuk Pendidikan Agama Islam. Dengan demikian tidak ada satupun bidang studi yang dipandang sebelah mata oleh siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar; Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 29 Nov 2013 03:56
Last Modified: 29 Nov 2013 03:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/332

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics